Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James Caan, Pemeran Sonny Corleone di "The Godfather" Meninggal

Kompas.com - 08/07/2022, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Aktor Amerika James Caan, yang berperan sebagai gangster Sonny Corleone dalam film mafia epik "The Godfather," telah meninggal pada usia 82, kata keluarganya dalam sebuah pernyataan, Kamis (7/7/2022).

Pernyataan itu, yang diposting di akun Twitter resmi Caan, mengatakan aktor itu meninggal Rabu (6/7/2022) malam.

Tidak ada penyebab kematian atau lokasi yang diberikan.

Baca juga: 15 Oktober 1920: Mario Puzo, Penulis The Godfather Lahir

"Keluarga menghargai curahan cinta dan belasungkawa yang tulus dan meminta Anda terus menghormati privasi mereka selama masa sulit ini," kata pernyataan itu, dilansir Reuters.

Caan dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya sebagai Corleone yang pemarah dalam "The Godfather" tahun 1972.

Dia mengulang peran dalam adegan kilas balik dalam "The Godfather: Part II" pada tahun 1974. Nominasi lainnya termasuk empat Golden Globes dan sebuah Emmy.

Al Pacino, yang memerankan saudara laki-laki Sonny Corleone, Michael, dalam "The Godfather," memuji Caan sebagai "aktor hebat, sutradara brilian, dan sahabatku."

Baca juga: Tampil di Mola Living Live, Francis Coppola Buka-bukaan Soal Film Erotis Garapannya dan Cekcok di The Godfather

"Sulit dipercaya bahwa dia tidak akan berada di dunia lagi karena dia begitu hidup dan berani," kata Pacino dalam sebuah pernyataan.

Francis Ford Coppola, yang menyutradarai Caan dalam "The Godfather" dan film tahun 1969 "The Rain People," mengatakan film-film Caan "dan banyak peran hebat yang ia mainkan tidak akan pernah terlupakan."

Karier Caan berlangsung selama enam dekade dan mencakup berbagai peran lain dalam film dari film thriller psikologis "Misery" hingga komedi "Elf."

Baca juga: Sutradara Film Godfather Francis Ford Coppola Beberkan Kunci Sukses sebagai Sutradara Film

Tahun lalu, ia membintangi komedi romantis "Queen Bees" bersama Ellen Burstyn.

James Edmund Caan lahir di borough Bronx, New York City pada 26 Maret 1940 dari imigran Yahudi Jerman.

Salah satu dari tiga bersaudara, Caan mulai berakting di televisi pada tahun 1961. Ia mendapat pujian luas atas perannya dalam film TV 1971 "Brian's Song," di mana ia memerankan pemain sepak bola Chicago Bears Brian Piccolo, yang meninggal karena kanker pada usia 26 tahun.

Baca juga: Sutradara The Godfather, Francis Ford Coppola, Bakal Berbagi Pengalaman Hidup di Mola Living Live

Peran tersebut membuat Caan mendapatkan nominasi Emmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com