Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalis Inggris Hilang di Amazon, Polisi Brasil Sebut Ada 5 Tersangka Lagi

Kompas.com - 20/06/2022, 13:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

ATALAIA DO NORTE, KOMPAS.com - Update kasus jurnalis Inggris hilang di Amazon dan ditemukan tewas, polisi federal Brasil pada Minggu (19/6/2022) menyebutkan bahwa ada lima tersangka lagi.

Kelima tersangka itu disebut membantu menyembunyikan jasad Dom Phillips jurnalis Inggris yang hilang di Amazon bersama pemandunya, ahli adat Bruno Pereira, menurut laporan Reuters.

Sebelumnya, polisi Brasil telah menangkap tiga pria atas pembunuhan dalam kasus jurnalis Inggris hilang di Amazon ini.

Baca juga: Dom Phillips dan Investigasi di Hutan Amazon Terakhir yang Renggut Nyawanya

Polisi tidak menyebutkan nama para tersangka baru, dan hanya mengatakan bahwa penyelidikan sedang berlangsung untuk mengklarifikasi semua keadaan, motif, serta orang-orang yang terlibat dalam kasus ini.

Sejauh ini, Amarildo da Costa Oliveira nelayan yang menurut polisi mengaku membunuh dua korban, bersama saudaranya yaitu Oseney da Costa, dan orang ketiga yakni Jeferson da Silva Lima telah ditangkap.

Dom Phillips adalah reporter lepas yang menulis untuk Guardian dan Washington Post. Ia melakukan penelitian untuk buku tentang perjalanan dengan Pereira, mantan kepala suku yang terisolasi dan baru-baru ini bisa dihubungi di agen urusan adat federal Funai.

Baca juga:

Kasus jurnalis Inggris hilang di Amazon bermula pada 5 Juni, setelah Dom Phillips dan Bruno Pereira melakukan perjalanan bersama dengan perahu melalui Lembah Javari, daerah terpencil yang berbatasan dengan Peru dan Kolombia.

Menurut polisi, Dom Phillips dan Bruno Pereira ditembak dengan peluru senapan berburu.

Insiden jurnalis Inggris hilang di Amazon dan ditemukan tewas menghebohkan Brasil serta dunia. Sorotan tertuju pada perombakan lembaga adat Funai di bawah Presiden Jair Bolsonaro, juga meningkatnya gelombang kekerasan dan serangan kriminal di tanah pribumi.

Baca juga: Polisi Temukan Jasad dalam Pencarian Jurnalis Inggris di Amazon Setelah Tersangka Mengakui Kejahatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com