Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wang Yaping, Astronot Perempuan Pertama China yang Spacewalk, Melakukannya 6 Jam Lebih

Kompas.com - 09/11/2021, 21:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

BEIJING, KOMPAS.com - Wang Yaping menjadi perempuan China pertama yang melakukan spacewalk (kegiatan di luar stasiun antariksa). Ini merupakan bagian dari misi enam bulannya di stasiun antariksa negara tersebut.

Wang dan rekan astronotnya, Zhai Zhigang meninggalkan modul utama stasiun antariksa itu pada Minggu malam (7/11/2021), menghabiskan waktu lebih dari enam jam untuk memasang peralatan dan melakukan tes di samping lengan robot stasiun itu, kata Badan Antariksa Berawak China (CMS).

Awak ketiga, Ye Guangfu, membantu dari dalam stasiun itu, kata CMS dalam situs webnya yang dikutip VOA Indonesia.

Baca juga: Astronot Wang Yaping Jadi Wanita China Pertama yang Berjalan di Ruang Angkasa

Pelajar China melambaikan bunga dan bendera nasional saat astronot perempuan Wang Yaping meninggalkan pusat peluncuran satelit Jiuquan menuju lokasi peluncuran, dekat Jiuquan, China barat, Selasa, 11 Juni 2013.AP/ANDY WONG via VOA INDONESIA Pelajar China melambaikan bunga dan bendera nasional saat astronot perempuan Wang Yaping meninggalkan pusat peluncuran satelit Jiuquan menuju lokasi peluncuran, dekat Jiuquan, China barat, Selasa, 11 Juni 2013.
Wang (41) dan Zhai (55) pernah melakukan perjalanan ke stasiun-stasiun antariksa eksperimental yang kini telah dipensiunkan, dan Zhai melakukan spacewalk pertama untuk China 13 tahun silam.

Ketiga awak ini adalah tim kedua di stasiun permanen tersebut, dan misi yang dimulai dengan kedatangan mereka pada 16 Oktober lalu dijadwalkan menjadi periode terlama bagi keberadaan astronaut China di antariksa.

Modul Tianhe akan dihubungkan dengan dua modul lainnya, Mengtian dan Wentian, tahun depan.

Keseluruhan stasiun antariksa itu akan berbobot sekitar 66 ton, jauh lebih ringan daripada Stasiun Antariksa Internasional (ISS), yang meluncurkan modul pertamanya pada tahun 1998 dan berbobot sekitar 450 ton.

Tiga spacewalk dijadwalkan berlangsung untuk memasang peralatan sebagai persiapan bagi ekspansi stasiun itu, sementara para awak akan mengevaluasi kondisi kehidupan di modul Tianhe dan melakukan berbagai eksperimen dalam bidang kedokteran di antariksa dan bidang-bidang lainnya.

Program antariksa yang dijalankan militer China juga mengirim banyak awak ke stasiun itu dalam kurun dua tahun mendatang untuk membuat stasiun itu berfungsi sepenuhnya.

Baca juga: 6 Bulan Tinggal di ISS, Nanti Malam 4 Astronot Crew-2 Mendarat di Bumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com