Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mcdonald's Akan Hapus Mainan Plastik dari Happy Meals agar Ramah Lingkungan

Kompas.com - 12/10/2021, 22:36 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

PARIS, KOMPAS.com - Raksasa restoran waralaba cepat saji McDonald's mengatakan hari Selasa (21/9/2021), pihaknya akan meniadakan mainan plastik dari Happy Meals, paket menu khusus untuk anak-anak, pada tahun 2025.

"Mulai sekarang dan secara bertahap di seluruh dunia sampai akhir 2025, ambisi kami adalah setiap mainan yang dijual dalam menu Happy Meal akan dibuat dari bahan yang ramah lingkungan, lebih terbarukan, dari daur ulang, atau bersertifikat seperti bahan berdasar bio dan berasal dari tumbuhan serta dari serat yang tersertifikasi," kata perusahaan itu dalam pernyataannya.

McDonald's mengatakan, proses ini telah dimulai di Inggris dan Irlandia, dan semua mainan Happy Meals di Perancis telah dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan, menurut laporan dari VOA Indonesia.

Baca juga: Skandal Seks Mantan Bos McDonalds dengan Karyawati, Uang PHK Rp 590 Miliar Akan Ditarik

Menu khusus untuk anak-anak itu biasanya berisi mainan plastik, sering kali berupa mainan kecil tokoh-tokoh pahlawan. Dengan rencana baru tersebut berarti mainan itu mungkin akan dibuat dari karton agar anak-anak bisa merakitnya.

McDonald's yang telah menyajikan Happy Meals sejak 1979 mengatakan, rencana barunya untuk membuat mainan dari bahan terbarukan akan mengurangi penggunaan plastik berbahan bakar fosil pada mainannya hingga 90 persen.

Tetapi perusahaan mengakui, sebagian besar kemasan McDonald's tetap plastik. Pihak perusahaan mengatakan, telah "menetapkan" semua kemasannya dari "sumber terbarukan, daur ulang, atau sumber-sumber tersertifikasi" pada tahun 2025.

Baca juga: Media Asing Soroti Sejumlah Gerai McDonalds Ditutup Sementara di Indonesia Saat Peluncuran BTS Meal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com