Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Peringatkan AS, Akan Ada Konsekuensi jika Penarikan Pasukan Telat Selesai

Kompas.com - 23/08/2021, 21:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Sky News

DOHA, KOMPAS.com - Taliban memperingatkan Amerika Serikat (AS), jika penarikan pasukan sampai telat selesai, maka akan ada konsekuensi yang menanti.

Batas waktu penarikan adalah 31 Agustus, dan AS terus dikejar deadline mengingat evakuasi masih berlangsung.

Saat berjumpa Sky News di Doha, Qatar, Taliban melalui juru bicaranya, Suhail Shaheen, mengeluarkan peringatan bagi AS.

Baca juga: Taliban Klaim Kepung Pasukan Perlawanan Afghanistan di Lembah Panjshir, Ini Permintaannya

"Ini adalah garis merah. Presiden Biden mengumumkan bahwa pada 31 Agustus mereka akan menarik semua pasukan militer mereka. Jadi jika mereka memperpanjangnya, itu berarti mereka memperluas pendudukan padahal tidak perlu."

Dia menambahkan, "Jika AS atau Inggris mencari waktu tambahan untuk melanjutkan evakuasi - jawabannya tidak. Atau akan ada konsekuensinya.

"Hal itu akan menciptakan ketidakpercayaan di antara kita. Jika mereka berniat melanjutkan pendudukan, itu akan memicu reaksi," ujar Shaheen pada Senin (23/8/2021).

Peringatan ini dikeluarkan Taliban ketika Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan secara pribadi memohon kepada Joe Biden untuk memperpanjang tenggat waktu penarikan, agar lebih banyak orang bisa dievakuasi.

Ada kekhawatiran kondisi di Afghanistan memburuk setelah pasukan internasional dan media asing ditarik.

Baca juga: Mengenal Lembah Panjshir, Satu-satunya Wilayah yang Belum Ditaklukkan Taliban

Ketika tenggat waktu itu semakin dekat bagi pasukan Inggris, Amerika, dan NATO, Sky News bertanya apa yang akan dikatakan Taliban soal para keluarga yang tewas untuk melindungi Afghanistan.

Dr Shaheen menjawab, "Mereka menduduki negara kita. Jika kita menduduki negara Anda, apa yang akan Anda katakan kepada saya? Bagaimana jika saya membunuh orang-orang Anda di negara Anda, apa yang akan Anda katakan?

"Saya pikir semua orang sangat menderita. Pertumpahan darah. Kehancuran. Semuanya. Tapi kami mengatakan masa lalu adalah masa lalu. Bagian dari sejarah masa lalu kami. Sekarang kami ingin fokus pada masa depan."

Baca juga: Salah Satu Teroris Paling Diburu AS Muncul Bersama Taliban di Kabul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com