Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

California Laporkan Kematian Manusia Pertama akibat Virus West Nile Tahun Ini

Kompas.com - 10/07/2021, 18:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Sumber Xinhua

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Kematian pertama akibat virus West Nile (West Nile Virus/WNV) di California pada 2021 terkonfirmasi di San Luis Obispo County pekan ini, ungkap Departemen Kesehatan Masyarakat California (California Department of Public Health/CDPH) pada Jumat (9/7/2021).

Sebagaimana dikutip Xinhua dari sebuah rilis pers, Dr Tomas J Aragon, direktur CDPH yang juga petugas kesehatan masyarakat di negara bagian California mengatakan, belakangan ini tercatat semakin banyak kasus akibat virus mematikan tersebut, yang dapat ditularkan ke manusia dan hewan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi.

"Aktivitas virus West Nile di negara bagian ini kian meningkat, jadi saya mendesak warga California agar mengambil semua langkah pencegahan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk," tuturnya.

Baca juga: Terpapar Virus West Nile, Aktor Clark Middleton Meninggal Dunia

Sampai dengan 9 Juli, WNV telah terdeteksi pada 45 ekor burung yang mati dari enam county dan 177 sampel nyamuk dari 13 county, sebut CDPH.

CDPH menambahkan, suhu panas pada bulan ini berkontribusi terhadap kenaikan jumlah nyamuk dan meningkatkan risiko penularan virus tersebut kepada manusia.

Di seluruh Amerika Serikat (AS), laporan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa setidaknya enam negara bagian, termasuk Arizona, Arkansas, Illinois, Iowa, Massachusetts, New York, dan Colorado, telah mendeteksi nyamuk pembawa virus West Nile.

Sementara itu, manusia telah tertular virus tersebut di empat negara bagian di antaranya.

CDPH mengatakan, WNV dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk iklim, jumlah, dan jenis burung maupun nyamuk di sebuah area, serta level imunitas WNV pada burung.

Meskipun risiko penyakit serius pada kebanyakan orang rendah, beberapa individu, kurang dari satu persen, dapat menderita penyakit neurologis serius seperti radang otak (encephalitis) atau radang selaput otak (meningitis).

Baca juga: Clark Middleton Meninggal karena Virus West Nile, Istri: Belum Ada Obatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com