Ribuan Makam Muslim Kuno Ditemukan, Berpola Unik seperti Galaksi

Kompas.com - 10/07/2021, 15:33 WIB
Kolase foto ribuan makam Muslim kuno yang ditemukan di Kassala, Sudan timur, dan berpola unik seperti galaksi. JURNAL PLOS ONEKolase foto ribuan makam Muslim kuno yang ditemukan di Kassala, Sudan timur, dan berpola unik seperti galaksi.

KASSALA, KOMPAS.com - Ribuan makam Muslim kuno yang ditemukan di Sudan timur berpola unik, tertata seperti galaksi.

Cara penempatannya kemudian diuraikan menggunakan metode yang biasa digunakan untuk memetakan bintang dan galaksi.

Para arkeolog dari University of Naples L'Orientale dan Sudanese National Corporation for Antiquities and Museums, menggunakan citra satelit untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap tentang berapa banyak makam yang ada dan bagaimana itu ditata.

Baca juga: Temuan Menara Tengkorak Berisi Ratusan Tulang Manusia, Termasuk Wanita dan Anak-anak

Tim menerapkan model Cluster Neyman-Scott, yang dikembangkan untuk mempelajari pola spasial bintang, ke topografi di wilayah tersebut.

Mereka menemukan bahwa makam-makam itu disusun dalam pola seperti galaksi, dengan "makam induk suci" menjadi pusat yang dikelilingi kuburan lainnya, seperti matahari dan planet yang mengorbit.

Banyak struktur pemakaman, termasuk gundukan batu kuno yang disebut tumuli dan makam kubah Islam yang dikenal sebagai qubbas, diketahui ada di wilayah Kassala, Sudan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun jelas makam dibangun dari generasi ke generasi dan mewakili budaya yang berbeda, lokasinya yang terpencil dan catatan sejarah yang terbatas membuatnya sulit untuk dipelajari.

"Kami menghadapi tantangan untuk menafsirkan penciptaan lanskap pemakaman dengan hampir tidak ada data arkeologi tradisional, tetapi (kami memiliki) kumpulan data yang cukup besar untuk dapat menghipotesiskan adanya proses kompleks baik pada skala regional maupun lokal," ujar penulis utama Stefano Costanzo, kepada Live Science, dikutip Kompas.com dari Daily Mail pada Jumat (9/7/2021).

"Dengan mata telanjang, jelas bahwa makam-makam yang berkerumun itu dikondisikan oleh lingkungan, tetapi makna yang lebih dalam mungkin tersirat dalam penataan ruangnya," terang Costanzo yang merupakan mahasiswa doktoral dalam arkeologi di University of Naples L'Orientale.

Baca juga: 2 Minggu Setelah Dikubur, Wanita Ini Tiba-tiba Pulang ke Rumah dengan Kondisi Sehat

Gambaran tata letak ribuan makam Muslim kuno yang ditemukan di Kassala, Sudan timur. Makam-makam ini disusun seperti galaksi, ada makam induk suci yang dikelilingi makam-makam lainnya.JURNAL PLOS ONE Gambaran tata letak ribuan makam Muslim kuno yang ditemukan di Kassala, Sudan timur. Makam-makam ini disusun seperti galaksi, ada makam induk suci yang dikelilingi makam-makam lainnya.
Para peneliti terkejut menemukan lebih dari 10.000 makam yang tersebar di lahan seluas 1.600 mil persegi, termasuk gunung Jebel Maman, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.