Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 Makin Bebani Pasien, Dokter Kanker Hapus Utang Medis hingga Rp 9 miliar.

Kompas.com - 02/01/2021, 18:41 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber The Hill

ARKANSAS, KOMPAS.com - Seorang ahli onkologi dari Arkansas menghapus lebih dari setengah juta dollar utang medis dari hampir 200 pasiennya.

Dokter spesialis kanker itu berharap, hadiah natal itu bisa membuat pasiennya mereka "sedikit lebih mudah.”

Dr Omar Atiq, yang mendirikan Klinik Kanker Arkansas pada tahun 1991, mengirimkan pemberitahuan kepada pasiennya hanya beberapa hari sebelum 25 Desember.

"Klinik telah memutuskan untuk melepaskan semua saldo terutang ke klinik oleh pasiennya," menurut pemberitahuan itu melansir The Hill pada Jumat (1/1/2021).

Menurut The Arkansas Democrat Gazette, Atiq telah menutup klinik tersebut pada akhir Februari, setelah hampir 30 tahun memberikan perawatan kanker, termasuk kemoterapi dan terapi radiasi.

Kepada ABC "Good Morning America" (GMA) dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Jumat (1/1/2021), Atiq telah bekerja dengan sebuah perusahaan penagihan selama berbulan-bulan untuk mengumpulkan sisa pembayaran dari pasien. Tetapi akhirnya memutuskan untuk berhenti menghubungi mereka.

Baca juga: Dalam Setengah Tahun Dokter Ini 2 Kali Positif Covid-19

Hingga Desember, klinik tersebut masih memiliki total hampir 650.000 dollar AS (Rp 9 miliar) dalam tagihan pasien, menurut Atiq, yang juga seorang profesor di Universitas Arkansas untuk Ilmu Kedokteran di Little Rock.

"Seiring waktu saya menyadari bahwa ada orang yang tidak mampu membayar," kata Atiq kepada GMA.

"Jadi saya dan istri saya, sebagai sebuah keluarga, kami memikirkannya dan berusaha untuk menghapus semua utang."

"Kami melihat bahwa kami bisa melakukannya, dan kemudian terus maju dan mewujudkannya," tambahnya.

Dalam pemberitahuan kepada pasiennya, Atiq menulis bahwa, "Meskipun berbagai asuransi kesehatan membayar sebagian besar tagihan untuk sebagian besar pasien, bahkan pengurangan dan pembayaran bersama bisa memberatkan."

“Sayangnya, begitulah sistem perawatan kesehatan kita saat ini,” lanjut Atiq, sebelum memberitahu pasien bahwa semua sisa utang akan diampuni.

"Selamat Liburan," tambah dokter itu.

Baca juga: Fotonya Peluk Pasien Lansia Covid-19 di ICU Viral, Ini Kisah Dokter Joseph Varon

Atiq mengatakan kepada GMA bahwa penghapusan utang dilakukan sebagai "sesuatu yang setidaknya dapat dilakukan untuk membantu masyarakat," terutama di tengah krisis ekonomi yang dipicu oleh pandemi virus corona.

“Sejak saya mulai praktik, saya selalu merasa tidak nyaman dengan pasien yang sakit. Tidak hanya karena harus mengkhawatirkan kesehatan, dan kualitas hidup mereka sendiri, umur panjang mereka serta keluarga dan pekerjaan mereka, tetapi juga uang,” katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com