Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Warga Venezuela Bertahan Hidup dengan Rp 18.000 Per Bulan | Menteri Pakistan Samakan Presiden Perancis dengan Nazi

Kompas.com - 24/11/2020, 05:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Kisah mengenai warga Venezuela yang jatuh miskin akibat kolapsnya perekonomian negara menjadi berita terpopuler kanal Global.

Sementara itu, Pakistan mengkritik perlakuan Presiden Perancis Emmanuel Macron terhadap Muslim di Perancis seperti Yahudi di era Nazi Jerman.

Selain kedua berita itu, ada sejumlah kabar lain yang juga tak kalah populer. Berikut kami rangkumkan sejumlah berita terpopuler dari kanal Global Kompas.com edisi Senin (23/11/2020) hingga Selasa (24/11/2020).

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Hari Ini dalam Sejarah: Pengepungan Masjidil Haram | Joe Biden Kecam Trump sebagai Presiden Paling Tidak Bertanggung Jawab

1. Bertahan Hidup dengan Rp 18.000 Per Bulan, Ini Cerita Warga Venezuela

Di Venezuela, sistem pensiun didanai oleh karyawan-karyawan yang beberapa persen dari gajinya dipotong untuk membayar gaji para pensiunan. Minyak adalah sumber utama pendapatan negara. Namun produksi minyak telah turun tajam sejak 2017.

Akibatnya, mata uang AS meroket sementara bolivar anjlok, bersama merosotnya nilai uang pensiun. Dampaknya, uang pensiunnya yang dulunya setara dengan 172 dollar AS (Rp2,4 juta) sebulan kini hanya bernilai 1,30 dollar AS (sekitar Rp18.500).

Penasaran dengan kisah warga di Venezuela? Anda bisa membaca selengkapnya di sini.

Baca juga: Bertahan Hidup dengan Rp 18.000 Per Bulan, Ini Cerita Warga Venezuela

2. Presiden Perancis "Ultimatum" Dewan Muslim, Menteri Pakistan Samakan dengan Nazi

Menteri Hak Asasi Manusia Pakistan, Shireen Mazari telah menuduh Macron memperlakukan penduduk Muslim di Perancis seperti Yahudi di era Nazi Jerman.

Mazari itu merespons atas tindakan baru dari presiden Perancis untuk menindak ekstremisme Islam yang baru-baru ini terjadi di negara itu.

Apa alasan Mazari melontarkan kritik itu? Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Presiden Perancis Ultimatum Dewan Muslim, Menteri Pakistan Samakan dengan Nazi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com