Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Lezatnya Hidangan Chef Michellin Star di Senayan City

Kompas.com - 09/01/2024, 18:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada restoran dengan sajian steak Korea modern yang baru saja buka di Senayan City, Jakarta Pusat pada Senin (8/1/2024), namanya AB Steak by Chef Akira Back.

Seperti namanya, restoran ini menggandeng chef Michellin Star, yaitu Chef Akira Back yang menyajikan makanan dengan cita rasa kelas dunia.

"Kami sangat beruntung bisa menggandeng Chef Akira Back, karena ia punya pengalaman di dunia kuliner yang luar biasa," kata President Director AB Steak, Bimo Ariobuwono saat ditemui di Senayan City, Senin (8/1/2024).

Kompas.com berkesempatan mencicipi beberapa sajian andalan AB Steak, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, dan hidangan penutup.

Baca juga:

Pencinta kuliner tentu tau bahwa makanan yang disajikan oleh chef Michellin Star ialah makanan dengan standar yang tinggi. Begitu juga dengan Kompas.com dan beberapa pengunjung lain ketika dihadapkan dengan berbagai makanan.

Sajian pertama siang itu langsung dibuka dengan makanan pamungkas Chef Akira, yaitu AB Wagyu Pizza, yaitu piza pipih diolesi minyak truffle, dan pada lapisan atas piza ditutup dengan irisan wagyu mentah.

Sekilas memang tampak sederhana, tapi setelah dicicipi, potongan piza terasa renyah dan gurih, belum lagi irisan wagyu yang segar. Meskipun mentah, tidak ada rasa amis sama sekali saat sepotong piza ukuran kecil itu mendarat di lidah.

Hidangan kedua adalah Nordic Salmon, yaitu sajian kimchi yang dicampur dengan irisan salmon mentah segar. Rasanya pedas asam segar karena dipadukan dengan saus gochujang.

Baca juga:

Masih di hidangan pembuka, ada Horenso Shira Ae. Rupa makanan ini cukup unik, seperti daun singkong gulai. Namun sebenarnya ini adalah campuran sayur bayam dengan dressing zucchini, sesame seed, dan rayu.

Horenso Shira Ae, sajian pembuka yang terdiri dari bayam, zucchini, sesame seed, dan rayu di AB Steak, Senin (8/1/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Horenso Shira Ae, sajian pembuka yang terdiri dari bayam, zucchini, sesame seed, dan rayu di AB Steak, Senin (8/1/2024).

Perpaduan rasa manis, gurih, dan creamy ini sepertinya cocok disantap dengan Nordic Salmon untuk menambah rasa sedikit pedas.

Kemudian ada pula Galbi Taco, ini adalah hidangan pembuka favorit saya setelah AB Wagyu Pizza.

Perpaduan daging cincang dengan saus gochujang yang disajikan bersama renyahnya taco memang pas untuk mengganjal perut. Belum lagi ukurannya juga tidak terlalu besar untuk satu kali santap.

Baca juga: Hindari 3 Kesalahan Masak Steak di Rumah, Bikin Daging Cepat Kering

Masuk ke hidangan utama, makanan yang disajikan pertama ialah Ribeye, yaitu daging wagyu ribeye MBS 8-9, Queensland Australia.

Daging wagyu ribeye MBS 8-9, Queensland, Australia di AB Steak, Senayan City, Senin (8/1/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Daging wagyu ribeye MBS 8-9, Queensland, Australia di AB Steak, Senayan City, Senin (8/1/2024).

Cita rasa daging yang lembut sudah terbayang saat melihat cantiknya marbling daging sebelum dipanggang. Begitu juga dengan Picanha, daging dry aged wagyu rump cap dari Australia.

Ketiga, ada Marinated Galbi, yaitu daging short rib dari USA yang sudah dimarinasi. Berbeda dari dua menu daging sebelumnya, rasa bumbu daging di sini cukup menonjol, menyisakan after taste cenderung asin setelah menyantapnya.

Baca juga: Tips Masak Steak agar Empuk, Pakai 2 Bahan Alami Ini...

Solusinya, Kompas.com mencoba menyantapnya dengan sayuran segar supaya rasa bumbu yang kuat tidak terlalu melekat di lidah.

Tiramisu, hidangan penutup di AB Steak, Senayan City, Senin (8/1/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Tiramisu, hidangan penutup di AB Steak, Senayan City, Senin (8/1/2024).

Hidangan restoran ini apik ditutup dengan seporsi tiramisu yang dibuat dari marcarpone, burnt expresso tea ice cream, dan baileys coffe anglaise.

Tiramisu yang disajikan tidak terlalu manis, seimbang dengan tambahan sedikit rasa pahit dari cokelat hitam yang dibekukan. Tidak lupa dengan lapisan jeli pada bagian tengah tiramisu yang memberi rasa segar saat disantap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com