Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2023, 12:10 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membersihkan alat panggangan adalah proses penting sebelum BBQ tahun baru. Pasalnya, panggangan jarang digunakan dan umumnya ditaruh di gudang atau lokasi non-dapur.  

Sisa-sisa makanan yang menempel pada grid grill bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman.

Dengan membersihkannya secara teratur, akan membantu mengurangi risiko kontaminasi makanan yang dapat disebabkan oleh bakteri.

Kamu perlu membersihkan alat panggang dan memahami cara membersihkannya dengan tepat, seperti laman Taste of Home berikut.

Baca juga:

Bersihkan alat panggang sesuai dengan bahannya

Sebelum membersihkan grid panggangan, perlu untuk mengetahui bahan dari grid panggangan tersebut, apakah terbuat dari porselen, besi cor, atau stainless steel.

Cara membersihkan grid panggangan dan produk pembersih yang digunakan tergantung pada bahan dari grid panggangan tersebut.

Jika grid panggangan berbahan porselen gunakan sikat yang berbulu lembut atau sikat nilon untuk membersihkannya. Jangan gunakan sikat logam atau kawat yang kasar.

Grid panggangan berbahan besi cor dapat digunakan dengan sikat kawat yang kaku. Namun, besi cor mudah berkarat, dan disarankan untuk menggosok grid dengan minyak sayur atau minyak kanola setelah dibersihkan.

Jika kamu mempunyai grid panggangan berbahan stainless steel, kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus seperti grid porselen atau besi cor. Untuk mencegah karat, pastikan untuk mengeringkan grid sepenuhnya sebelum dibersihkan.

Pilih alat yang tepat untuk membersihkan alat panggang

Beberapa orang banyak memilih sikat kawat untuk membersihkan alat panggangan. Banyak yang tidak menyadari bahwa sikat kawat bisa sedikit berbahaya.

Serpihan kawat terkenal sering lepas dan jatuh ke dalam makanan. Tanpa menyadarinya, banyak orang secara tidak sengaja menelan serpihan kawat tersebut.

Kamu bisa menukar alat untuk membersihkannya dengan alat yang lebih aman, seperti alumunium foil, spons nilon, batu bakaran grill stone dan bawang.

Kamu bisa menggunakan aluminium foil, yang digulung sebagai alat untuk membersihkan panggangan. Kamu dapat memegangnya dengan pegangan grill sambil membersihkan grid panggangan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan spons nilon, untuk membersihkan panggangan dengan cepat dan mudah.

Batu bakaran grill stone juga dapat digunakan untuk memebersihkan panggangan, dengan cara menggosok lembut di atas grid panggangan. Kemudian bersihkan area tersebut dengan kain lembut atau air.

Bawang juga menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan alat panggangan. Kamu perlu menggunakan setengah bawang untuk membersihkan alat panggangan, dengan cara menusukkannya pada tusuk sate, dan gunakan bagian yang dipotong untuk menggosok grid panggangan.

Empat cara mudah untuk membersihkan alat panggang

Membersihkan grid panggangan mungkin terdengar sulit, tapi sebenarnya tidaklah sulit untuk membuatnya menjadi bersih. Berikut adalah cara membersihkan grid panggangan dengan empat metode yang berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com