Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Salted dan Unsalted Butter? Ketahui Sebelum Pakai

Kompas.com - 29/11/2023, 13:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu bahan lemak dari produk susu yang biasa digunakan adalah butter. Ada dua jenis butter di pasaran yaitu mentega asin dan mentega tawar.

Sebelum menggunakannya untuk aneka kue atau makanan enak, simak penjelasan seputar perbedaan salted dan unsalted butter berikut ini.

Baca juga:

Bedanya salted dan unsalted butter 

Dilansir dari laman Taste of Home, perbedaan yang paling terlihat dari salted dan unsalted butter adalah kadar garam yang terdapat di dalamnya.

Butter terbuat dari sedikitnya 80 persen lemak susu dan 18 persen air, kemudian ditambahkan dengan dua persen protein atau garam.

Dalam laman tersebut menyebutkan bahwa cara membuat salted butter adalah krim dipasteurisasi dengan cara dikocok atau diaduk hingga lemaknya terpisah dari cairannya. Setelah itu, diaduk hingga menjadi butter dan diasinkan.

Walau begitu, penggunaan salted dan unsalted butter secara umum bisa saling menggantikan satu sama lain dalam sebuah resep kue atau aneka makanan.

Ditambahkan dari laman Food Network, kandungan garam dalam salted butter bisa mencapai 1/4 sdt. Namun seetiap merek memiliki kadar garam yang berbeda-beda.

Selain itu, mentega tawar tidak sama sekali mengandung garam.

Tak hanya tentang kandungan garam di dalamnya, tetapi unsalted butter juga dirasa lebih segar karena salted butter memiliki masa simpan lebih lama.

Ditambahkan kembali dari laman Taste of Home, salted butter bisa tahan hingga lima bulan di lemari es, sementara unsalted butter hanya bertahan sekitar tiga bulan.

Ilustrasi butter atau mentega.Shutterstock/Studio Roux Ilustrasi butter atau mentega.

Kapan waktu yang tepat menggunakan salted butter?

Dilansir dari laman All Recipes, salted butter akan terasa nikmat saat dioleskan pada sepotong roti panggang hangat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya saat menumis aneka bumbu membuat sup.

Dengan begitu, takaran penggunaan garam bisa dikurangi agar tidak terasa asin.

Penggunaan salted butter pada saat membuat kue atau masakan juga biasanya untuk menyederhanakan resep agar tidak perlu menyiapkan banyak bahan.

Selain aneka kue atau sup, kamu jugsa bisa menggunakan salted butter untuk membuat saus, menumis sayuran, atau memanggang ayam.

Sentuhan rasa asin pada mentega bisa membuat hidangan terasa gurih.

Kapan waktu yang tepat menggunakan unsalted butter?

Mentega tawar banyak digunakan sebagai bahan membuat kue. Itu karena rasanya yang tawar, netral, dan juga lembut sehingga cocok untuk aneka kue yang dipanggang.

Secara umum kue yang dipanggang akan memiliki rasa dan tekstur yang tepat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com