Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2022, 12:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber who

KOMPAS.com - Gula merupakan salah satu zat yang mudah ditemui dan kerap dikonsumsi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

Menurut World Health Organization (WHO), gula ialah salah satu bentuk karbohidrat sederhana yang mengandung monosakarida, seperti fruktosa (ditemukan dalam buah-buahan), galaktosa (ditemukan dalam produk susu), dan disakarida (karbohidrat dengan dua gula) seperti sukrosa (gula meja) dan laktosa (dari susu).

Mengonsumsi gula sesuai kebutuhan memang memberikan dampak baik untuk tubuh.

Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa kadar gula yang dikonsumsi setiap harinya kerap melewati batas, sehingga memberikan dampak buruk untuk kesehatan. 

Makna gula di sini tidak hanya sebatas produk gula halus ataupun gula kasar yang biasa digunakan untuk pemanis makanan atau minuman, melainkan semua makanan atau minuman yang mengandung gula.

Baca juga:

Menurut WHO, gula umumnya banyak ditemui pada permen, soda, sirup, madu, jus buah, dan buah alami. 

Dokter Spesialis Gizi Klinik Arti Indira menjelaskan bahwa gula merupakan salah satu elemen yang ada pada puncak piramida makanan, bersama garam dan lemak.

"Pada penerapan pola hidup sehat, garam, gula, dan lemak merupakan elemen yang jumlah kadar konsumsinya sebaiknya dikurangi,"  kata Indira saat acara media gathering di Greyhound Cafe, Jakarta Pusat, pada Selasa (8/11/2022).

Mengurangi konsumsi gula bukan berarti tidak boleh mengonsumsinya sama sekali, karena tubuh juga membutuhkan gula untuk menghasilkan energi.

Indira menjelaskan  kadar konsumsi gula yang dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu sekitar 50 gram atau setara dengan empat sendok makan per hari.

Apabila kadar tersebut berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com