Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Shu Guo Yin Xiang, Resto di Kelapa Gading Sajikan Hot Pot Otentik China

Kompas.com - 14/09/2022, 16:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hot pot merupakan salah salah kuliner khas China yang disajikan dengan kuah kaldu hangat bersama isian berupa irisan daging dan potongan sayur segar.

Ciri khas utama hot pot yaitu disajikan langsung ke hadapan pembeli menggunakan wadah berukuran besar. Nantinya kuah kaldu akan didihkan dan dicelup isian sebelum disantap.

Keberadaan restoran khas China di Jakarta terbilang cukup banyak, salah satunya ada di kawasan destinasi wisata dan kuliner, Old Shangai Sedayu City Kelapa Gading, namanya Shu  Guo Yin Xiang. 

Tepatnya berada di Jalan Sedayu City Boulevard, Sedayu City Kelapa Gading, Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta. Restoran ini berada di sebelah kanan gerbang utama Old Shanghai.

Saat berkunjung ke lokasi, Kompas.com berkesempatan berbincang langsung dengan Coorporate Marketing Communication Manager Shu Guo Yin Xiang Aliya Asmadini.

Aliya menceritakan restoran Shu Guo Yin Xiang merupakan salah satu restoran khas China yang menyuguhkan sajian hot pot Szechuan sebagai menu utama.

"Ini awalnya dari China, lalu dibuka di Indonesia pada 2018, lokasi pertamanya di Lokasari, Mangga Besar," kata Aliya saat ditemui oleh Kompas.com di restoran Shu Guo Yin Xiang cabang Old Shanghai Kelapa Gading pada Selasa (13/9/2022).

Aliya mengatakan bahwa pada saat pembukaan restoran Shu Guo Yin Xiang pertama di Jakarta, peminatnya terbilang cukup ramai. Bahkan restoran ini beroperasional hingga tengah malam karena melimpahnya peminat yang datang.

Melihat besarnya peminat yang datang, akhirnya pihak Shu Guo Yin Xiang memutuskan untuk membuka beberapa cabang di Jakarta, seperti di daerah Pantai Indah Kapuk dan Pluit.

Hingga saat ini restoran Shu Guo Yin Xiang sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Medan, Batam, dan Surabaya.

Baca juga:

Sajikan hot pot otentik China

Irisan daging sapi untuk isian hot pot di restoran Shu Guo Yin Xiang.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Irisan daging sapi untuk isian hot pot di restoran Shu Guo Yin Xiang.

Salah satu kuah kaldu hot pot khas China yang disajikan di restoran Shu Guo Yin Xiang yaitu kuah kaldu mala. 

Kuah kaldu mala memiliki cita rasa kuah yang pedas dan berwarna merah. Rasa pedas yang dihasilkan dibuat dari perpaduan rempah dan biji mala.

Guna menjaga keotentikan hot pot khas China, restoran Shu Guo Yin Xiang mendatangkan langsung bahan utama untuk membuat kaldu mala dari China. 

"Sebenarnya biji mala itu ada di Indonesia, cuma karena sajian ini otentik dari China, jadi kita pakai yang dari asalnya," kata Chef di Shu Guo Yin Xiang Slamet Tri Handi kepada Kompas.com pada Selasa (13/9/2022).

Selain hot pot kuah mala, terdapat beragam varian hot pot lain seperti Pork Bone Soup, Tomato Soup, Chicken Herbal Soup, Chicken Collagen Soup, Salted Vegeables Soup, dan Nourishing Mushroom Soup.

Sebagai pelengkap kuah kaldu hot pot, ada beragam isian yang bisa dipilih secara ala carte. Di antaranya ada irisan daging sapi, seafood, sayura segar, dan bakso.

Ada tiga pilihan hot pot di restoran Shu Guo Yin Xiang yang bisa dipesan, yakni hot pot berisi satu varian kaldu, dua varian kaldu, dan tiga varian kaldu.

"Rentang harga di Shu Guo Yin Xiang ini mulai Ro 300.000 hingga Rp 400.000 per orang untuk semua hidangan," kata Aliya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com