Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyantap Nikmatnya Olahan Ikan Kutuk, Kuliner Khas Gresik

Kompas.com - 01/08/2022, 19:33 WIB
Hamzah Arfah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Beragam olahan ikan gabus (kutuk) yang menggugah selera ditawarkan rumah makan Al Hambra di Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur.

Pengalama makan di Al Hambra semakin terasa lengkap, karena pengunjung juga dapat melaksanakan aktivitas memancing di lokasi yang sama.

Pengelola rumah makan dan pemancingan Al Hambra Laily Haula Hayati mengatakan bahwa ia sengaja menjadikan ikan kutuk sebagai menu andalan.

"Biasanya saya dapat bahan ikan kutuknya itu dari warga, yang sehari-hari biasa mencari ikan. Mereka biasanya langsung setor (jual) kepada saya, sehingga kondisi ikan masih segar-segar," ujar Laily kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Kondisi ikan yang masih cukup segar, ditambah suasana lokasi rumah makan yang berada di lahan pertambakan, membuat para pengunjung merasa nyaman.

Terlebih bagi mereka yang senang memancing, bakal betah untuk berlama-lama di lokasi.

Sementara itu, berbagai olahan ikan kutuk di Al Hambra di antaranya adalah asem-asem kutuk, pepes kutuk, rica-rica kutuk, dan kutuk bakar. Menu bisa dipilih dengan menyesuaikan selera dari masing-masing pengunjung.

Menurut Laily, pengolahan ikan kutuk tidak terlalu merepotkan. Olahan ikan kutuk disesuaikan dengan masing-masing menu, kemudian dipadukan dengan bumbu alami.

Adapun bumbu tersebut di antaranya yaitu kunyit, daun bawang, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Laily juga menambahkan bumbu lain sesuai dengan masakan.

"Biasanya juga pakai daun jeruk purut sebagai penyedap, sekaligus penghilang bau anyir," ucap Laily.

Baca juga:

Pengunjung dapat menikmati berbagai olahan ikan kutuk di rumah makan dan pemancingan Al Hambra, yang berada di Desa/Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur.KOMPAS.com/HAMZAH ARFAH Pengunjung dapat menikmati berbagai olahan ikan kutuk di rumah makan dan pemancingan Al Hambra, yang berada di Desa/Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur.

Olahan ikan kutuk diminati pengunjung

Olahan ikan kutuk yang disajikan di rumah makan dan pemancingan Al Hambra secara tradisional, rupanya diminati oleh pengunjung.

Terlebih pada saat siang hari, pengunjung menyantap ikan kutuk dengan nasi putih hangat maupun nasi jagung.

Tajuddin, salah seorang penikmat kuliner yang sempat mencoba olahan ikan kutuk tersebut mengaku, ia terkesan dengan sensasi pedas dan tekstur daging ikan kutuk yang lembut.

Tajuddin menyebut, sajian yang dia nikmati mampu membangkitkan selera makan, hingga membuat tubuh semakin bertenaga.

"Rasanya mantap, pas di lidah saat dikunyah. Pedasnya mantap dan aromanya cukup terasa, membuat lidah serasa menari-nari," ujarTajuddin.

Lokasi Al Hambra yang berada di lahan pertambakan dengan semilir angin, menurut Tajuddin menjadi poin tambahan. Hal ini juga cukup mendukung dalam membuat nyaman pengunjung saat menikmati sajian yang dihidangkan.

"Lebih nikmat disantap pada siang hari, dengan dipadu bisa nasi jagung atau nasi putih sesuai selera. Yang pasti, setelah makan tubuh dapat berkeringat dan membuat semakin bertenaga. Namun jangan khawatir, karena di sini (Al Hambra) tempatnya nyaman, anginnya juga semilir, jadi sangat mendukung," tutur Tajuddin.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com