Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bersihkan Teflon Antilengket Usai Dipakai untuk Panggang Daging

Kompas.com - 11/07/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Seusai pesta barbeku saat mendapatkan daging kurban di Idul Adha, ada beberapa peralatan masak yang harus dibersihkan untuk menghilangkan kerak daging atau lemak gosong yang menempel. 

Salah satunya, teflon antlengket. Teflon biasa digunakan untuk memanggang irisan daging atau sate agar lebih mudah dan praktis tanpa bara api. 

Namun, setelah digunakan terkadang kerak sisa daging atau lemak gosong yang masih ada. Oleh karena itu, simak beberapa tips membersihkan teflon antilengket agar kerak hilang seketika. 

Baca juga:

1. Gunakan air sabun yang hangat

Dilansir dari MasterClass, cara membersihkan teflon antilengket yang benar adalah biarkan teflon sampai benar-benar dingin sebelum dicuci. Teflon yang masih panas kemudian direndam atau dibilas air dingin bisa membuat permukaan antilengketnya menjadi rusak.

Bilas teflon dengan air sabun yang hangat untuk meningkatkan masa pakai panci karena bisa menjaga lapisan antilengketnya dengan baik.

2. Gunakan soda kue

Masih dalam laman MasterClass yang sama, kamu bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan kerak sisa bahan makanan yang gosong.

Gunakan sekittar satu sendok teh soda kue dengan dua sendok teh air, campurkan hingga teksturnya seperti pasta.

Gosok lapisan teflon secara perlahan-lahan untuk menghilangkan sisa makanan yang terbakar.

Baca juga:

3. Teteskan minyak goreng

Sebelum menggunakan teflon antilengket, kamu bisa meneteskan sedikit minyak goreng. Hal ini untuk menghindari banyaknya sisa makanan yang menempel pada lapisan teflon.

Gosok minyak goreng dengan kain bersih atau handuk kertas.

4. Jangan menggunakan spon berbahan logam

Dilansir dari Cooking Light, hindari menggunakan spon atau bantalan dari logam untuk menggosok lapisan teflon. Hal itu bisa membuat lapisan antilengketnya terkelupas.

Ada baiknya untuk menggunakan spon lembut atau kain bersih.

5. Hindari menggunakan detergen

Jangan menggunakan detergen untuk menghilangkan kerak yang menempel pada teflon. Pasalnya, detergen bisa membuat lapisan antilengket menjadi terkelupas.

Gunakan air hangat dengan sabun cuci dan gosok dengan lembut sampai keraknya mengelupas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com