Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Rawat Blender agar Awet Lama, Jangan Asal Pakai

Kompas.com - 09/05/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Merawat blender tidak boleh asal. Pasalnya, kalau blender digunakan secara sembarangan bisa membuatnya cepat rusak seperti bocor atau pisau blender menjadi tumpul. 

Dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada tips merawat blender agar awet lama berikut ini. 

Baca juga: Resep Es Krim Mangga Segar, Bikin Pakai Blender

1. Cara pilih blender 

Dalam buku tersebut menyarankan untuk memilih blender dengan tombol pengatur kecepatan, bermata pisau tajam dan kuat. Selain itu, blender memiliki wadah atau tabung yang transparan dan tidak mudah pecah. 

Pilih juga blender yang dilengkapi dengan grinder. Hal tersebut berfungsi untuk menghaluskan bumbu berukuran kecil seperti ketumbar. 

Baca juga: Resep Bingsoo Mangga Pakai Blender, Makan Sambil Nonton Hometown Cha-Cha-Cha

2. Isi tabung blender dengan benar 

Jangan mengisi tabung blender melebihi setengah tabung. Hal tersebut membuat bahan sulit halus atau bahkan bisa membuat bahan yang akan dikeluarkan jadi berhamburan keluar dari tabung blender. 

3. Cuci bersih sesaat setelah digunakan 

Ada cara cuci blender yang benar yaitu cuci blender sesaat setelah digunakan. Caranya, kosongkan tabung blender dan isi dengan air seperempatnya. 

Tekan tombol blender sehingga air menyapu bersih bagian dasar dan pisaunya. Bilas di bawah air mengalir dengan sabun hingga bersih. 

Baca juga: Cara Membuat Santan dengan Blender, Buat Kolak Jadi Lebih Mudah

4. Cara hilangkan bau dari tabung blender

Selain membersihkan blender, ada cara menghilangkan bau dari tabung blender. Caranya dengan menggunakan potongan jeruk nipis dan bilas dengan air bersih. 

Kamu juga bisa memasukkan roti tawar ke dalam wadah blender, proses sebentar hingga roti menyerat bau dan bilang hingga bersih. 

5. Keringkan blender dengan lap 

Pastikan kamu mengeringkan blender hingga ke pisaunya. Hal tersebut agar mata pisau blender tidak cepat berkarat. 

Simpan blender dengan tutupnya di tempat kering. 

Baca juga: Cara Buat Pasta Pandan Homemade, Pakai Blender biar Praktis

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com