Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wedang Uwuh Berkawan Yogyakarta, Jual Wedang Kemasan Praktis

Kompas.com - 13/03/2022, 09:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Wedang uwuh kerap disebut sebagai 'minuman sampah' karena terbuat dari daun-daun kering. Meski begitu wedang ini kaya akan manfaat.

Jika mulanya wedang uwuh hanya dijual di pasar tradisional, kini penjualannya sudah dilakukan secara daring. Salah satunya Wedang Uwuh Berkawan

Usaha yang berada di Yogyakarta ini sudah ada sejak 2019. Pemilik usaha Wedang Uwuh Berkawan, Agung Wicaksono menjelaskan bagaimana mulanya ia membangun usaha ini.

Baca juga:

Bermula dari iseng

Ilustrasi wedang uwuh yang telah diseduh, produk dari Wedang Uwuh Berkawan. INSTAGRAM/ Wedang Uwuh Berkawan Ilustrasi wedang uwuh yang telah diseduh, produk dari Wedang Uwuh Berkawan.

Usaha wedang uwuh kemasan ini sebetulnya bermulaan dari ketidaksengajaan. Kala itu, Agung tengah senang berjualan online. 

Lalu, secara tak sengaja menemukan wedang uwuh di pasar tradisional. Karena merasa bahwa wedang tradisional ini prospeknya bagus, Agung lalu berpikir untuk menjualnya.

Namun saat itu Agung masih belum tahu tempat membeli bahannya. Kemudian, ada temannya yang juga berjualan. Dari sinilah Agung mendapatkan informasi tempat kulakan bahan. 

"Kalau awal jualan itu sekitar April 2019. Dulu senang jualan online terus kemudian main-main, ada di Pasar Kotagede waktu itu, lihat jualan wedang uwuh. Terus kayaknya ini kedepannya prospek," jelas Agung kepada Kompas.com.

Baca juga:

Walau awalnya hanya untuk sampingan, kini usaha Wedang Uwuh Berkawan justru jadi fokus utama Agung. Sebab penjualan kian meningkat, terutama pada masa pandemi.

Ilustrasi wedang uwuh kemasan dari Wedang Uwuh Berkawan. INSTAGRAM/ Wedang Uwuh Berkawan Ilustrasi wedang uwuh kemasan dari Wedang Uwuh Berkawan.

Agung menjelaskan bahwa pada awalnya orang-orang tidak mengetahui apa itu wedang uwuh.

Namun karena pandemi orang jadi tertarik dengan minuman herbal. Sehingga membuat nama wedang uwuh semakin menyebar.

Berkat hal tersebut, penjualan wedang uwuh kemasan milik Agung juga makin meningkat. Bahkan kini Wedang Uwuh Berkawan menjadi pemasok beberapa restoran dan hotel yang ada di Yogyakarta. 

"Pandemi itu sangat berpengaruh, malah jadi keberkahan tersendiri," ujarnya.

"Pas awal-awal itu orang-orang malah enggak tahu apa itu wedang uwuh, semenjak pandemi itu penjualan malah meningkat. Sampai sekarang malah makin dikenal," tambah Agung.

Baca juga:

Menjual wedang uwuh kemasan dengan 11 komponen

Ilustrasi rempah-rempah, bahan untuk membuat wedang uwuh. SHUTTERSTOCK/HARISMOYO Ilustrasi rempah-rempah, bahan untuk membuat wedang uwuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com