Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas

Kompas.com - 12/03/2022, 11:11 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Wedang uwuh cocok dinikmati saat cuaca sedang mendung dan hujan. Minuman ini bisa bantu menghangatkan badan karena kaya akan rempah. 

Di luar daripada itu wedang uwuh juga bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karenanya, wajar jika minuman ini umum disajikan untuk mereka yang sedang sakit. 

Baca juga:

 

Prof. Dr. Mae Sri Hartati Wahyuningsih, M.Si.,Apt selaku dosen dari Pusat Kedokteran HerbaL FKKMK UGM dan Departemen Farmakologi dan Terapi FKKMK UGM menjelaskan bahwa jika bicara mengenai manfaat wedang uwuh maka perlu mengurai rempah-rempah yang digunakan sebagai racikannya. 

Namun racikan rempah tersebut bisa jadi berbeda tiap produsennya. Walau begitu ada bahan utama yang wajib ada pada wedang uwuh yaitu jahe dan kayu secang. 

"Jadi kalau kita bicara manfaat itu pasti kembali ke kandungannya apa. Biasanya kandungan yang paling menonjol pada wedang uwuh itu adalah jahe dan juga secang," tutur Mae kepada Kompas.com, Kamis (10/03/2022). 

Ilustrasi rempah-rempah, bahan untuk membuat wedang uwuh. SHUTTERSTOCK/HARISMOYO Ilustrasi rempah-rempah, bahan untuk membuat wedang uwuh.

Selanjutnya, Mae menjelaskan manfaat dari masing-masing rempah yang digunakan untuk mebuat wedang uwuh. Berikut uriannya. 

1. Jahe 

Jahe merupakan bahan utama dalam racikan wedang uwuh. Rimpang ini dapat mengurangi mual dan muntah pada mereka yang sedang sakit, hamil, atau mabuk kendaraan. 

Selain itu, jahe juga bisa menghalau infeksi pada perut. 

"Jahe itu manfaatnya bisa macam-macam, yang pertama bisa sebagai anti mual dan muntah. Kedua bisa digunakan untuk menghalau infeksi yang ada di dalam perut kita," jelas Mae. 

Jika perut terasa begah karena tidak bisa sendawa atau kentut, mengonsumsi jahe bisa jadi alternatif. Sebab jahe juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti flatulen.

"Kadang kalau kita enggak bisa kentut, nah itu jahe bisa digunakan sebagai anti flatulen. Istilahnya untuk membantu atau memflatuten, jadi biar bisa kentut dan sendawa," tambahnya.

Baca juga:

2. Kayu secang

Ilustrasi serutan kayu secang sebagai bahan utama wedang secang. SHUTTERSTOCK/MACRO STUDIO LA Ilustrasi serutan kayu secang sebagai bahan utama wedang secang.

Kayu secang merupakan komponen utama pada wedang uwuh. Sebab bahan inilah yang membuat warnanya menjadi merah. 

Kayu secang punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar gula, anti oksidan, dan melancarkan peredaran darah. 

Oleh sebab itu, kayu secang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com