Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Hangatkan Sisa Lasagna, Bisa Pakai Oven dan Microwave

Kompas.com - 02/11/2021, 11:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Lasagna adalah hidangan klasik khas Italia yang memiliki banyak isian atau lapisan. Di antaranya, ada daging ayam atau sapi, sayuran, dan makanan laut.

Kalau kamu menyisakan lasagna, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara dan simpan dalam freezer seperti yang dilansir dari buku “Resep Lasagna ala Café” (2013) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

Setelah mengetahui tips menyimpan lasagna matang dengan benar, ketahui juga cara hangatkan sisa lasagna seperti yang dilansir dari laman Taste of Home berikut ini.

Cara cairkan lasagna matang beku

Ilustrasi lasagna. Dok. Shutterstock/IriGri Ilustrasi lasagna.

Dalam laman tersebut, menjelaskan kalau kamu bisa menyimpan lasagna matang utuh yang belum dipotong. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer hingga beku.

Kalau kamu memiliki banyak waktu, biarkan lasagna matang beku di suhu ruang. Biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum dipanggang.

1. Cara hangatkan sisa lasagna di microwave

Menghangatkan sisa makanan di microwave bisa jadi cara termudah dan tercepat.

Letakkan lasagna di atas piring tahan panas. Kalau kamu masih memiliki beberapa potong lasagna dan ingin menghangakannya, pastikan untuk tidak menaruhnya saling bersentuhan.

Percikkan dua sendok makan air di setiap atas potongan lasagna. Hal ini menghindari lasagna tidak mengering.

Tusuk lasagna dengan tusuk gigi. Hal ini untuk menjaga lasagna tidak ambyar saat keju meleleh.

Gunakan plastik pembungkus untuk membungkus piring berisikan lasagna. Panaskan dengan suhu panas selama 90 detik atau sekitar 74 derajat celsius selama lima sampai enam menit.

2. Cara hangatkan sisa lasagna di oven

Tutup lasagna dengan kertas alumunium foil. Tidak perlu memercikkan air karena suhu yang tidak terlalu panas tidak akan mengeringkan lasagna.

Panggang sisa lasagna selama 30 sampai 45 menit dengan suhu sekitar 74 derajat celsius. Kamu bisa memanggangnya sampai kejunya meleleh sepenuhnya dan memberikan kesan kilap di lapisan atas lasagna.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com