Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lolos IISMA dari Mahasiswa ITS, Mulai Bikin Esai dan Wawancara

Kompas.com - 20/05/2024, 18:58 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu program Kampus Merdeka yang jadi favorit mahasiswa adalah Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Mahasiswa yang berhasil lolos IISMA bisa mengikuti program pertukaran pelajar ke kampus top luar negeri.

Karena punya mendatangkan banyak benefit, persaingan lolos IISMA pun cukup ketat. Kamu bisa mengetahui tips dari salah satu mahasiswi Departemen Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Salma Arthi Menon.

Salma menceritakan perjalanan dan kiat suksesnya memperoleh beasiswa IISMA. Salma mengatakan, ia mulai memantapkan tekad untuk mempersiapkan pendaftaran IISMA sejak awal tahun 2022 lalu.

Baca juga: Kisah Jevon, Lulus Dapat IPK 4,0 dari ITB dan Pernah Lolos IISMA

Tips lolos IISMA dari mahasiswa ITS

Keinginannya untuk melihat perspektif lain mengenai teknologi di bidang energi laut mendorongnya untuk memilih Liverpool University sebagai universitas tujuan dalam seleksi program IISMA.

Awardee IISMA 2023 ini pun gigih mencari informasi terkait seluk beluk proses seleksi dari kakak tingkat yang berpengalaman.

Salma juga mengatur strategi dengan mengikuti sertifikasi bahasa Inggris jauh-jauh hari sebelum pendaftaran IISMA agar tidak kalut di akhir waktu.

"Biasanya IISMA mulai disosialisasikan di awal tahun sehingga di November tahun sebelumnya saya sudah mengikuti tes bahasa Inggris," ungkap Salma seperti dikutip dari laman ITS, Senin (20/5/2024).

Menurut Salma, membiasakan diri berbicara bahasa Inggris menjadi tips ampuh untuk menyukseskan sertifikasi tersebut.

"Terkadang, kita tidak mau berbicara dengan bahasa inggris karena malu dan takut dihakimi. Jika masih ragu, carilah teman ataupun penutur asli untuk diajak belajar bersama," papar mahasiswi angkatan 2020 ini.

Baca juga: ITS Buka Prodi Baru S1 Bisnis Digital, Kuot 50 di Jalur Mandiri 2024

Berlatih menulis esai untuk daftar IISMA

Setelah mempersiapkan tes bahasa Inggris, tahapan selanjutnya adalah pengerjaan esai IISMA. Ia menyatakan, persiapan matang dalam menulis esai berpeluang memberikan nilai plus dalam proses seleksi berkas. Ia pun berlatih menulis esai dengan mengerjakan soal-soal esai IISMA dua tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, Salma juga aktif mencari bimbingan dari kakak tingkat yang telah lolos untuk mendapatkan masukan bagi esainya.

Mahasiswi kelahiran 2001 ini pun membagikan tips untuk menjawab pertanyaan esai dengan jelas dan terstruktur.

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah STAR (Situation, Task, Action, Result). Namun, tidak semua pertanyaan harus dijawab dengan STAR.

Metode ini bersifat kondisional, berlaku untuk pertanyaan yang berfokus pada perilaku dan pengalaman. Pertanyaan esai tentang rencana setelah menjadi awardee IISMA juga perlu diperhatikan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com