Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Elis, Kepala Sekolah SMAN 2 Cibinong yang Punya Segudang Prestasi

Kompas.com - 08/05/2024, 16:03 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kepala sekolah dengan segudang prestasi. Predikat tersebut tak berlebihan jika disematkan kepada Kepala SMAN 2 Cibinong, Elis Nurhayati.

Kepala sekolah kelahiran Tasikmalaya, 12 Februari 1969 tersebut telah menorehkan banyak prestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Baru-baru ini, Elis menjadi satu-satunya kepala sekolah yang meraih penghargaan dari Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5/2024) lalu.

Ia berhasil meraih penghargaan Juara 1 Global Gifted Problem Solving Camp Between Korea, Malaysia, Indonesia, Philippines, Thailand By Gimje Office Of Education Collaborated with Institute of APEC Collaborative Education (IACE) tahun 2023.

Baca juga: Guru Penggerak Diprioritaskan Jadi Pengganti Kepala Sekolah yang Pensiun pada 2023

Raih berbagai penghargaan

Adapun prestasi lainnya yang diraih, antara lain Juara 1 Kepala Sekolah Inovatif pada "Gelar Inovasi Daerah Pemda Bogor Tahun 2021".

Penghargaan Kepala Sekolah Perwakilan Jawa Barat pada Internasional “APEC School Leadership Program, South Korea” dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I.

Selain itu Elis juga menerima Penghargaan Anugerah "Sosok Inspiratif Nasional 2023" pada Puncak Acara Peringatan Hardiknas dan Bulan Merdeka Belajar Tahun 2023.

Elis juga sering diundang menjadi narasumber dengan tema pendidikan di tingkat provinsi, nasional hingga internasional.

Mulai dari narasumber Webinar Nasional Merdeka Belajar “Menjadi Guru yang Lebih Baik: Mendalami Refleksi Diri sebagai Kunci Pengembangan Diri” Kemendikbud Ristek Tahun 2024, narasumber Webinar Nasional “Refleksi dan PMO PDM-01 oleh Direktorat SMP Kemendikbudristek di Denpasar, Bali pada Oktober 2023.

Hingga menjadi narasumber Kegiatan Bimbingan Teknik SMA Pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 3 Regional 3, Direktorat SMA Kemendikbudristek tahun 2023.

Baca juga: Kepala Sekolah Berperan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Punya moto kerja ikhlas

Elis menjelaskan, prestasi yang diraih adalah buah dari keteguhannya menjalankan motonya sebagai kepala sekolah.

"Di mana pun bertugas, saya selalu memegang moto ini, 'Kerja ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, kerja tangkas, dan kerja tuntas'," tutur Elis seperti dikutip dari laman Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Rabu (8/5/2024). Kunci suksesnya adalah di nomor satu, yaitu kerja ikhlas.

"Keikhlasan itu nomor satu. Mau seperti apa pun, jika kita menjalankannya dengan sepenuh hati, dengan niat, Insya Allah semuanya bisa berjalan dengan sangat baik," ungkapnya.

Ia pun mendorong semua insan, baik siswa maupun guru dan tenaga pendidik agar tidak pernah ragu untuk bermimpi.

"Kalau mimpi jangan tanggung, bermimpilah setinggi langit, jangan takut dan malu. Sepanjang kita ikhtiar, apa pun hasilnya kita akan bahagia," ucapnya.

Bersama moto dan keyakinan yang ia pegang kuat, tujuan utamanya semata-mata memberikan pelayanan pendidikan terbaik untuk masyarakat.

Baca juga: Kisah Asnawir, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Tarakan yang Dijuluki Duta PMM

Ia tengah membersamai para guru SMAN 2 Cibinong untuk mengikuti BRIDGE Partnership Program Australia-Indonesia.

Saat ini, mereka telah lolos seleksi tahap 2, masuk "55 besar" dari 1.300 sekolah berbagai jenjang di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com