Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Galang Aksi Sosial, HA SB-IPB Beri Santunan ke Panti Asuhan Anak Yatim di Bogor

Kompas.com - 23/03/2024, 14:58 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB (HA SB-IPB) memberikan santunan kepada anak-anak yatim di Panti Asuhan Putri dan Balita Muhammadiyah Darushsholihat di Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Sedikitnya, terdapat 100 anak yatim yang mendapatkan santunan berupa peralatan sholat serta uang tunai dari HA SB-IPB. Adapun pihak panti asuhan mendapatkan santunan berupa bahan makanan dan sembako.

Ketua Umum HA SB-IPB Irvandi Gustari mengatakan, aksi sosial tersebut merupakan rangkaian kegiatan “Ramadan Berbagi” yang digagas HA SB-IPB sebagai wujud pengabdian dan kontribusi bagi masyarakat.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari salah satu pilar HA SB-IPB, khususnya pilar pemberdayaan komunitas,” ujar Irvandi dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (23/3/2024).

Baca juga: Dukung Misi Sosial, Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Gelar Turnamen Golf Amal

Pada kesempatan tersebut, HA SB-IPB menggandeng badan-badan otonom organisasi, yaitu yayasan sosial YASBI atau Yayasan Bina Ilmu dan Prestasi, PT Danadyaksa Cipta Karsa, serta PT Haesbeibepe Agro Sentosa.

Badan-badan otonom itu dibentuk sebagai bagian dari tahapan akselerasi dalam mewujudkan visi serta mengimplementasikan program-program HA SB-IPB.

Sebagai informasi, YASBI merupakan motor bagi HA SB-IPB agar program-program yang bersifat sosial dapat dilaksanakan dengan lebih fokus dan intens. Sementara, PT Danadyaksa Cipta Karsa dan PT Haesbeibepe Agro Sentosa merupakan badan usaha komersial yang menjadi motor penggerak bagi aktivitas-aktivitas HA SB-IPB.

“Kedua badan usaha tersebut merupakan wadah bagi para alumnus serta mahasiswa Sekolah Bisnis IPB untuk melakukan praktik menjalankan usaha secara nyata,” katanya.

Baca juga: IPB Buka Seleksi Jalur Ketua OSIS 2024, Ini Syarat Daftarnya

Pendirian badan otonom dalam sebuah organisasi himpunan alumni merupakan suatu terobosan baru yang belum pernah diterapkan sebelumnya.

Pembentukan badan otonom merupakan langkah strategis yang memungkinkan organisasi himpunan alumni beroperasi mandiri secara finansial atau “self-financing”.

“Dengan pembentukan badan otonom, HA SB-IPB dapat mewujudkan visi-misi serta menjalankan semua aktivitas secara mandiri khususnya dalam hal dukungan finansial, tanpa tergantung kepada pihak lain,” terang Irvandi.

Pihaknya menegaskan, HA SB-IPB konsisten mewujudkan visinya untuk menjadikan Himpunan Alumni SB IPB sebagai organisasi kebanggaan alumni dan almamater yang berperan sebagai pengabdi masyarakat yang unggul dan menjadi rujukan.

Baca juga: IPB Buka Kelas Internasional, Ada 12 Prodi yang Bisa Dipilih

“HA SB-IPB juga sebagai penyelenggara peningkatan potensi alumnus secara berkesinambungan, mewujudkan sinergi antara alumni dan almamater, serta membangun kemitraan dengan berbagai pihak dalam berbagai bentuk program serta kegiatan yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” imbuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com