Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Apa Itu Sarjana Terapan dan Keunggulannya

Kompas.com - 23/03/2024, 13:23 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu program pendidikan yang bisa kamu pilih di perguruan tinggi adalah Sarjana Terapan.

Apa itu Sarjana Terapan perlu diketahui calon mahasiswa, agar lebih mantap mau kuliah di program Diploma Tiga (D3), Sarjana Terapan (D4) atau Sarjana (S1).

Saat memilih program pendidikan di perguruan tinggi juga harus menyesuaikan dengan rencana karier setelah lulus hingga biaya kuliah yang harus dipersiapkan.

Dengan memilih program pendidikan dan jurusan yang tepat, diharapkan kamu tidak akan mengalami kendala setelah menjalani perkuliahannya.

Baca juga: Sampai Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT?

Sarjana terapan adalah

Dilansir dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi), Sabtu (23/3/2024) menjelaskan apa itu sarjana terapan.

Gelar Sarjana Terapan diberikan kepada mahasiswa setelah menyelesaikan jenjang pendidikan D4.

Gelar Sarjana Terapan identik pada gelar yang diperoleh pada jalur pendidikan vokasi. Khususnya pada pendidikan kejuruan di tingkat perguruan tinggi vokasi, baik di politeknik maupun perguruan tinggi penyelenggara program pendidikan vokasi.

Ada beberapa keunggulan jika kamu memilih program Sarjana Terapan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

1. Menyelesaikan D4

Gelar Sarjana Terapan diberikan setelah seseorang menyelesaikan jenjang diploma empat (D-4) untuk program studi yang berfokus pada penerapan praktis dalam bidang tertentu.

Gelar ini biasanya ditawarkan di politeknik dan atau perguruan tinggi penyelenggara program pendidikan vokasi yang berfokus pada pengetahuan teknis yang kuat serta pengalaman praktis dalam bidang spesifik.

Baca juga: H-3 Pendaftaran UTBK SNBT 2024, Login portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

2. Kesetaraan

Sarjana Terapan sama dengan D4 serta setara dengan setara dengan S 1. Dengan demikian, perusahaan atau badan lainnya tidak perlu lagi membedakan antara S1 dan D4 dan Sarjana versus Sarjana Terapan.

3. Gelar spesifik

Jika lulus Sarjana (S1) memperoleh gelar sarjana ilmu sesuai program studi yang diambil, misalnya Sarjana Pendidikan (S.Pd.), Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.), atau Sarjana Ekonomi (S.E.).

Sementara itu, untuk gelar sarjana terapan (D-4) kata terapannya diletakkan di tengah dan lebih spesifik.

Misalnya S.Tr.Anim. yang berarti Sarjana Terapan Animasi, S.Tr.T. yang berarti Sarjana Terapan Teknik, atau S.Tr.E-Log. yang berarti Sarjana Terapan E-Commerce Logistik.

4. Lebih banyak praktik

Program gelar sarjana terapan (D4) memiliki bobot praktik 60 persen dan teori 40 persen. Maka dari itu, gelar ini lebih menekankan keterampilan praktis dan aplikatif di lapangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com