Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Lanjutkan Pendidikan ke S3 Terapan, Calon Pendaftar Cek

Kompas.com - 28/02/2024, 20:30 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perguruan tinggi sudah bisa mengajukan pembukaan jenjang doktor terapan (S3 Terapan) ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Muhamad Fajar Subkhan mengatakan, adanya program S3 Terapan akan menjadi milestone penting dalam pengembangan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia karena memiliki banyak manfaat.

Baca juga: Kemendikbud Buka Program S3 Terapan, Jenjang Vokasi Kian Lengkap

"Peluncuran Program Doktor Terapan menjadi momen penting dan strategis dalam pengembangan pendidikan tinggi vokasi sehingga melalui program doktor terapan ini diharapkan akan memberikan manfaat," ucap Fajar dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Senin (26/2/2024).

Menurut Fajar, ada beberapa manfaat jika mahasiswa melanjutkan pendidikannya ke jenjang S3 Terapan. Berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan calon mahasiswa S3 Terapan:

1. Peningkatan keterampilan praktis

Program doktor terapan dirancang untuk mengembangkan keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari, karena akan belajar bagaimana mengatasi masalah nyata dan menghasilkan solusi yang inovatif.

2. Peluang karier yang lebih baik

Gelar doktor terapan dapat membuka pintu untuk peluang karier yang lebih baik, terutama di bidang yang berhubungan dengan industri atau organisasi.

Itu karena akan dianggap sebagai ahli dalam bidang terapan dan memiliki keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan atau promosi.

3. Pengakuan akademik

Mendapatkan gelar doktor terapan merupakan pencapaian akademik yang prestisius.

Itu sehubungan akan diakui sebagai ahli dalam bidang terapan dan memiliki otoritas yang lebih besar dalam memberikan saran atau pandangan untuk industri atau masyarakat.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Harus Sesuaikan Diri Hadapi Kebutuhan Dunia Kerja

4. Jaringan profesional yang luas

Selama melaksanakan program doktor terapan, akan memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan para profesional dan akademisi terkemuka dalam bidang terapan.

Dengan begitu, maka akan membantu untuk memperluas jaringan profesional dan membuka pintu untuk kerja sama (kemitraan) atau peluang bisnis di masa depan.

Cara perguruan tinggi daftar program S3 Terapan

Apabila perguruan tinggi ingin membuka program S3 Terapan, bisa langsung mengajukan proposal pembukaan program doktor terapan di laman silemkerma.kemdikbud.go.id.

Dalam Permendikbud Nomor 7 Tahun 2020 diatur, program studi pada program doktor atau program doktor terapan dapat diselenggarakan setelah program studi sebidang pada program magister.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Sekolah Vokasi, Undip Bangun Fasilitas Baru

Bisa juga program magister terapan yang telah terakreditasi dengan peringkat akreditasi paling rendah (baik sekali), kecuali yang ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com