Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perbedaan Jenjang S1 dan Sarjana Terapan, Acuan Daftar SNBP 2024

Kompas.com - 19/02/2024, 18:45 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 terbuka untuk beberapa jenjang pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN).

Mulai dari jenjang Sarjana (S1), Sarjana Terapan (D4), dan Diploma Tiga (D3). Di setiap jenjang, masing-masing memiliki keunggulan.

Dikutip dari laman resmi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), memberitahukan bahwa jenjang S1 biasanya lebih fokus pada pendidikan akademik disiplin ilmu.

Baca juga: 44 PTN Buka Prodi Baru untuk Program D4 dan S1 pada SNBP 2024

Sedangkan program D3 dan D4 termasuk dalam pendidikan tinggi yang fokus pada pengembangan keahlian tertentu dan siap terjun ke dunia kerja.

Kendati demikian, D4 sering kali dianggap setara dengan pendidikan S1, karena waktu tempuh pendidikannya sama-sama empat tahun seperti jenjang S1.

Namun sebenarnya Sarjana Terapan atau D4 memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan S1.

Agar tidak keliru saat memilih jenjang kuliah di SNBP 2024, simak 3 perbedaan S1 dan D4. 

Perbedaan S1 dan D4

1. Praktik perkuliahan

Perbedaan sarjana terapan dan sarjana akademik terletak pada praktik perkuliahannya.

Walaupun sama-sama menempuh pendidikan selama empat tahun atau delapan semester, sarjana akademik lebih menitiberatkan pada 60 persen teori dan 40 persen praktik.

Sedangkan sarjana terapan fokus sebanyak 60 persen praktek dan sisanya teori karena D4 ingin menghasilkan lulusan yang unggul, terampil dan siap terjun ke dunia usaha dan industri.

Baca juga: Ini 167 Kampus Tujuan IISMA 2024 buat Mahasiswa Vokasi dan S1

2. Metode kelulusan atau tugas akhir

Pada tugas akhir, mahasiswa S1 harus menempuh kuliah teori, menjalani KKN, magang, dan skripsi.

Sementara D4 harus mengikuti kerja praktek atau magang, KKN dan membuat tugas akhir (TA). Tujuan dilakukannya praktek ini untuk mengasah kemampuan dan keterampilan mahasiswa agar siap terjun ke dunia kerja.

3. Gelar lulusan

Mahasiswa S1 nantinya akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu sesuai program studi yang diambil, misalnya Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM).

Sedangkan untuk mahasiswa D4 mendapatkan gelar Sarjana dengan kata Terapan di tengah gelar, misalnya Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S.Tr.KKK).

Baca juga: Pendidikan Vokasi Sudah Seharusnya Tak Lagi Jadi Pilihan Kedua

Demikian perbedaan antara jenjang S1 dan D4. Perbedaan di atas bisa menjadi pertimbangan buat kamu ketika memilih prodi di SNBP 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com