Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Museum dan Cagar Budaya Jelaskan 5 Klasifikasi Museum di Indonesia

Kompas.com - 20/03/2024, 16:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam upaya melestarikan kekayaan budaya sebagai unsur penting pembangunan berkelanjutan dan identitas bangsa, Indonesian Heritage Agency (IHA) berkomitmen memperkuat warisan budaya dan menginspirasi generasi saat ini dan mendatang.

Sebagai badan layanan umum di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), IHA mengakui peran penting warisan budaya dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Plt. Kepala BLU Museum dan Cagar Budaya (MCB), Ahmad Mahendra, menyatakan bahwa IHA berkomitmen untuk mengelola museum dan ruang publik untuk meningkatkan apresiasi publik terhadap warisan budaya.

“Upaya ini mencerminkan tanggung jawab dan peluang IHA dalam menjaga nilai sejarah dan budaya, dengan tujuan membangun fondasi budaya yang kuat untuk masa depan Indonesia,” kata Mahendra.

Mahendra menambahkan, “Transformasi menyeluruh dalam mengelola ruang publik di museum dan cagar budaya, yang mencakup narasi, lokasi, peninggalan, tata letak pameran, dan program-program yang ditawarkan merupakan proses yang sangat krusial."

"Transformasi ini diarahkan untuk lebih dari sekadar pemeliharaan artefak; ini tentang reimajinasi museum dan situs warisan sebagai ruang komunal di mana pengalaman dapat dibagi dan narasi sejarah serta warisan budaya Indonesia dapat diperkaya dan diperluas,” tambahnya.

Mahendra menjelaskan, Reimajinasi Warisan Budaya melibatkan tiga aspek utama: reprogramming, redesigning, dan reinvigorating.

Reprogramming fokus pada pembaruan kuratorial dan koleksi untuk mengubah narasi besar yang disampaikan museum dan situs warisan.

Redesigning bertujuan merenovasi bangunan dan ruang agar tidak hanya estetis tetapi juga aman dan nyaman, mematuhi standar keselamatan untuk melindungi koleksi berharga serta meningkatkan pengalaman pengunjung.

Reinvigorating berfokus pada penguatan kelembagaan melalui profesionalisme dan peningkatan kompetensi individu, memastikan bahwa setiap aspek pengelolaan museum dan situs warisan berjalan dengan standar tertinggi.

Baca juga: Museum Monumen Perjuangan di Bandung: Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk mewujudkan visi reimajinasi ini, dalam tahapan pilar reprogramming telah dilakukan pemaknaan menyeluruh dari sisi narasi yang dapat disampaikan masing-masing museum, baik dari sisi lokasi, peninggalannya, tata pamer hingga program.

Saat ini IHA mengklasifikasikan unit museum yang berada di bawah pengelolaannya menjadi lima klasifikasi museum yakni:

1. Museum Prasejarah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com