Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Soal TPS di UTBK SNBT 2024, Ada Empat Subtes

Kompas.com - 16/03/2024, 20:02 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tes Potensi Skolastik atau TPS adalah salah satu materi yang harus dipelajari siswa saat mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2024.

Materi dalam UTBK SNBT 2024 secara garis besar ada tiga materi. Pertama, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kedua yaitu Penalaran Matematika. Kemudian terakhir ada materi TPS.

Khusus materi TPS, memiliki banyak subtes ujian daripada kedua materi SNBT 2024 lainnya. Materi ini mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Baca juga: Kisi-kisi Soal Ujian UTBK SNBT 2024: 2 Materi dan 7 Subtes

Subtes dalam soal TPS ialah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pemahamaan Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar. 

Contoh soal TPS di UTBK SNBT 2023

Secara keseluruhan, siswa akan mengerjakan 145 soal dalam waktu 195 menit. Agar lancar, cobalah mengerjakan soal semua subtes TPS dan tersedia kunci jawabannya.

A. Subtes Pemahaman Bacaan dan Menulis

1. Perhatikan teks berikut:

(1) Sekarang olahraga sangat diminati semua kalangan, baik pria maupun wanita. (2) Oleh karena itu, sepakbola juga tidak hanya diminati oleh kalangan pria, tetapi juga wanita. (3) Akan tetapi, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masih membuka kegiatan tersebut untuk pria (siswa). (4) Wanita (siswi) perlu diberi kesempatan juga agar ada kesetaraan antarsiswa. 5Untuk itu, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak perlu dilakukan

Penulisan kata yang salah terdapat pada kalimat nomor ….

a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

2. (1) Apa itu pendidikan karakter?  (2) Pendidikan karakter adalah usaha yang disengaja untuk mendidik dan berkembangnya karakter pribadi peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. (3) Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai kepribadian tertentu kepada peserta didik, yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pengetahuan, kesadaran, motivasi, dan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. (4) Secara umum, fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi orang yang bermoral dan berakhlak mulia, toleran, serta tangguh dan berkelakuan baik. (5) Pendidikan karakter erat kaitannya dengan pendidikan moral. 6Oleh karena itu, pendidikan karakter ….

Kata erat kaitannya dalam kalimat (5) seharusnya

a. dibiarkan saja (sudah benar)
b. diganti dengan berkaitan erat
c. diganti dengan berhubungan
d. didahului kata sangat
e. dihilangkan kata kaitannya

Baca juga: Kemendikbud: Ada Beda Aturan Lintas Jurusan di SNBP dan SNBT 2024

3. Perhatikan soal nomor 2, dari bacaan di soal nomor 2 maka kalimat (2) perlu disempurnakan dengan cara ….

a. mengganti kata adalah dengan yaitu
b. mengganti kata berkembangnya dengan mengembangkan
c. menghilangkan kata untuk
d. menambah kata dapat setelah kata sehingga
e. menambah kata sendiri setelah kata lingkungannya

Kunci jawaban:

Soal nomor 1: jawaban benar B

  • Penulisan kata sepakbola salah; seharusnya dipisah(sepak bola). Penulisan tersebut berbeda dengan kata olahraga pada kalimat (1) yang harus ditulis serangkai.

Soal nomor 2: jawaban benar B

  • Konstruksi baku yang tepat adalah berkaitan erat sehingga struktur kalimatnya (hubungan subjek dan predikatnya) menjadi jelas.

Soal nomor 3: jawaban benar B

  • Kata berkembangnya perlu diparalelkan/diselaraskan dengan kata mendidik sehingga menjadi mengembangkan

B. Subtes Kemampuan Penalaran Umum

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com