Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Jaga Kesehatan Jantung Selama Puasa ala Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 13/03/2024, 17:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kesehatan jantung perlu dijaga setiap saat, termasuk saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Fatin Lailatul Badriyah memberikan 5 tips berpuasa agar jantung tetap sehat. Pertama adalah mengatur porsi makan.

Baca juga: Dosen FK Unesa: Sering Bergadang Bisa Sakit Jantung hingga Diabetes

"Saat berbuka puasa makan secukupnya saja, tidak perlu berlebihan, sehingga seseorang terlalu kenyang, karena hal itu akan membantu meringankan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah," kata dia dilansir dari laman UM Surabaya, Rabu (13/3/2024).

Kedua, perbanyak makan sayur dan buah. Itu karena sayur dan buah rendah kalori dan kaya akan serat.

"Sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Kandungan-kandungan tersebut merupakan komponen untuk sel sel jantung, sehingga membantu tubuh mencegah terjadinya penyakit jantung," ungkap dia.

Ketiga, konsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat dan serat.

Dia menyebut, gandum utuh dan biji-bijian yang utuh merupakan sumber serat baik yang berperan mengatur tekanan daerah dan kesehatan jantung.

Keempat, menghindari lemak tidak sehat. Itu karena sangat penting untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca juga: Psikolog Unair: Bullying Berdampak bagi Kesehatan Fisik dan Mental

"Tingginya kadar kolesterol bisa menimbulkan plak di pembuluh darah yang disebut atherosclerosis. Hal ini bisa meningkatkan risiko kamu mengalami penyakit jantung, seperti serangan jantung atau stroke," tegas dia.

Kelima, pilih protein yang rendah lemak, seperti daging tanpa kulit atau lemak, ikan, telur, kacang kedelai, tahu, tempe, susu skim atau rendah lemak.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan Menjelang dan Selama Berpuasa ala Pakar Unair

"Dengan sumber protein yang rendah lemak ini, akan membantu tubuh seseorang mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang bisa menimbulkan penyakit jantung," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com