Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jaga Kesehatan Menjelang dan Selama Berpuasa ala Pakar Unair

Kompas.com - 09/03/2024, 08:17 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebentar lagi Bulan Ramadhan tiba. Umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan kedepan.

Agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar, ada beberapa tips menjaga kesehatan yang disampaikan pakar Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitas Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), dr Abdul Jabbar Al Hayyan.

Menjaga kesehatan menjelang dan selama menjalankan ibadah puasa penting karena masyarakat kerap kali lalai dalam menjaga kesehatan tubuhnya.

dr Hayyan mengatakan, salah satu hal penting yang dapat dipersiapkan menjelang bulan Ramadhan yakni kecukupan nutrisi dalam tubuh dan mengatur jadwal harian selama satu bulan penuh selama berpuasa.

Baca juga: Guru Besar Unair Jelaskan Peran Penting Bahasa Ibu

Jaga kesehatan menjelang puasa

Misalnya, dalam sehari manusia membutuhkan 2.100 kkal, maka selama berpuasa jumlah tersebut dibagi menjadi dua kali waktu makan.

"Yakni, pada waktu sahur dan berbuka puasa. Pembagian ini berguna untuk menjaga ketercukupan gizi dan energi dalam tubuh saat menjalankan puasa," terang Hayyan seperti dikutip dari laman Unair, Sabtu (9/3/2024).

Dr Hayyan menambahkan, mengatur jadwal harian juga salah satu hal yang penting selama berpuasa. Salah satunya, dengan cara mengatur pelaksanaan aktivitas-aktivitas yang berat selama berpuasa.

Hal ini mencegah terjadinya kelelahan yang berlebihan dan meningkatkan rasa lapar saat menjalankan ibadah puasa.

Contohnya, jika kegiatan rutinitas sehari-hari di luar bulan puasa ada yang membutuhkan tenaga dan energi yang banyak. Maka kegiatan tersebut dapat reschedule di waktu mendekati berbuka puasa atau setelah berbuka puasa.

Dokter Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya) ini menerangkan, selain menjaga nutrisi tubuh dan mengatur jadwal harian, konsultasi kesehatan dini juga menjadi hal esensial selama berpuasa. Terutama, orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Meskipun terdengar remeh namun konsultasi dini dengan dokter dapat memastikan tubuh dalam keadaan yang fit selama menjalankan ibadah puasa.

Konsultasi tidak hanya dilakukan oleh orang yang memiliki riwayat penyakit namun juga orang yang sehat sekalipun. Contohnya, orang dengan penyakit diabetes harus melakukan konsultasi kepada dokter yang merawatnya.

"Dengan itu, dapat mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang perlu dilakukan selama bulan Ramadhan seperti timing penggunaan insulin pada orang diabetes," paparnya.

Baca juga: 4 Jalur Mandiri Unair 2024: Simak Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Tips menjaga kesehatan selama berpuasa

Dr Hayyan menegaskan, menjaga kesehatan tubuh tak hanya menjelang berpuasa namun juga saat berpuasa.

Menurutnya, pada dasarnya tidak ada pantangan makanan tertentu yang harus dihindari kecuali apabila orang dengan penyakit tertentu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com