Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Atla, Mantan Ajudan Milenial Ridwan Kamil, Lulus Kuliah IPK 3,93

Kompas.com - 12/03/2024, 11:13 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajudan Milenial Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tahun 2022, Atla Tegar Habib Amrullah berhasil menjadi wisudawan terbaik Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB).

Atla yang merupakan mahasiswa asli Wonogiri Jawa Tengah tersebut mampu menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun dengan IPK 3.93 atau nyaris sempurna.

Baca juga: Kisah Ulfah, Tabung Uang KIP Kuliah buat S2, Lulus Raih IPK 4,0 di UB

Atla mengatakan banyaknya aktivitas yang dia lakukan memberikannya banyak pengetahuan di bidang nonakademik.

Salah satunya pengalaman saat menjadi ajudan milenial gubernur Jawa Barat dan ikut serta dalam KTT Internasional untuk membantu pelaksanaan G20 Presidency Indonesia for Parliament 20 di DPR RI.

"Di antara prestasi yang saya dapatkan, yang paling berkesan adalah menjadi seorang Ajudan Milenial Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Saya bisa belajar mengenai mengelola dan memimpin birokrasi, mengatasi masalah daerah dan belajar kepemimpinan dengan tokoh nasional yakni Bapak Ridwan Kamil," katanya, dari rilis UB.

Banyaknya aktivitas nonakademik tidak menyurutkan semangatnya untuk melaksanakan tanggungjawab akademik dengan sungguh sungguh.

"Alhamdulillah sempat 3 kali dalam 3 semester berturut turut mendapatkan IPK 4.00," katanya.

Menurutnya, kunci suksesnya selama ini adalah membuat timeline besar dalam kehidupan akademik yang dimulai per semester sampai lulus.

"Misal semester 1 sampai 3, fokus kuliah sama lomba," katanya lagi.

Baca juga: Sosok Lettu Jeki, Anggota TNI Lulusan Terbaik S3 di UB dengan IPK 3,81

Lalu, pada semester empat dan lima, ia fokus kuliah, organisasi dan lomba. Kemudian semester enam dan tujuh, tetap fokus kuliah dan lanjut skripsi.

"Fokus skripsi saja agar lulus tepat waktu," katanya.

Untuk pembagian waktunya, dengan membuat master plan dari semester 1-7, kemudian membagi skala prioritas dari tiap semester dengan komitmen dan konsisten dalam menjalani apa yang sudah direncanakan.

"Setiap bulan/minggu membuat jadwal kegiatan yang terperinci baik untuk kegiatan organisasi, akademik, lomba atau magang saat liburan," kata Presiden MSIB Alumni Space tersebut.

Terkait pengalaman menjadi ajudan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ia mengatakan prosesnya sendiri cukup lama.

Atla harus mengikuti seleksi bersama 5.000 pendaftar lainnya dari seluruh wilayah di Indonesia. Proses seleksi ini memakan waktu 1,5 bulan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com