Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Jurnal Ilmiah Kampus di Indonesia Perlu Ditingkatkan

Kompas.com - 01/03/2024, 13:49 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam menyatakan, pada saat ini jurnal ilmiah yang dihasilkan perguruan tinggi sudah sangat luar biasa. Namun, kualitas publikasi itu masih sangat perlu ditingkatkan.

Dia mengaku, penting untuk memastikan jurnal yang dipublikasikan seseorang memiliki kualitas yang baik.

Baca juga: 5 Situs Jurnal Ilmiah Gratis, Cocok untuk Cari Referensi Skripsi

Dengan begitu, reputasi perguruan tinggi di Indonesia dan dosen itu bisa ditingkatkan ke kancah global.

"Untuk memperkuat publikasi nasional itu, pemerintah sangat mendorong riset kolaborasi baik antar perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi di luar negeri," kata dia dalam acara Indonesia Research Summit 2024, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (1/3/2024).

Prof. Nizam mengapresiasi Editage yang telah menyelenggarakan program Indonesia Research Summit dengan tujuan mendorong riset berkualitas dan mengkomunikasikan riset tersebut ke publikasi bereputasi dan berkelas dunia.

"Semoga lewat kolaborasi erat antara kampus, penerbit dan lembaga-lembaga seperti Editage ini akan memperkuat dan meningkatkan mutu publikasi secara nasional serta menjaga kuantitas yang telah kita hasilkan selama ini," jelas dia.

"Kualitas harus kita tingkatkan dan juga relevansinya bagi kemajuan IPTEK di Indonesia dan kemajuan pembangunan di tanah air," tambah Prof. Nizam.

Global Head of Marketing Editage, Ruchi Chauhan menyebut, Editage telah mendukung lebih dari 35.000 jurnal dan penelitian di seluruh dunia selama lebih dari dua dekade.

Editage berkomitmen terhadap kualitas terbaik, sehingga diperlukan kolaborasi dengan para peneliti, universitas, dan institusi di Indonesia untuk meningkatkan diseminasi publikasi penelitian akademis.

Baca juga: Mendikbud: Tesis dan Disertasi Mahasiswa S2-S3 Tidak Wajib Masuk Jurnal

"Melalui rangkaian layanan kami yang komprehensif, kami bertujuan memberdayakan akademisi agar dapat terus menghasilkan penelitian berkualitas tinggi dan berkontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan," ujar dia.

Dia berharap dapat memperkuat sinergi dengan komunitas peneliti serta berkontribusi untuk mereka ke depannya. Sehingga mendorong pertumbuhan penelitian ilmiah di Indonesia.

Hingga saat ini, institusi ternama seperti Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sumatera Utara, Fakultas Kedokteran UGM, dan Jurnal Kedokteran Indonesia telah bermitra dengan Editage.

Baca juga: Seperti Ini Persiapan Publikasi Jurnal Internasional

Melalui kerja sama itu, Editage berfokus membantu para akademisi di berbagai institusi untuk menghasilkan publikasi akademik berstandar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com