Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof. Sri Widyastuti Dilantik Jadi Plt. Rektor Universitas Pancasila

Kompas.com - 28/02/2024, 15:43 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP), Siswono Yudo Husodo resmi melantik Prof. Sri Widyastuti menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Rektor UP.

Menurut Siswono, jabatan Plt. Rektor ini akan berlaku sampai dilantiknya rektor baru UP.

Baca juga: Universitas Pancasila Beri Jaminan Perlindungan ke Korban Pelecehan Seksual

"Rektor UP yang baru ini, memiliki beberapa tugas, seperti mengkoordinir seluruh proses pemilihan para dekan yang telah, mempersiapkan acara wisuda yang dijadwalkan pada 21 Mei 2024, dan memastikan seluruh proses penerimaan mahasiswa baru berjalan dengan baik," kata dia dalam keterangannya, Rabu (28/2/2024).

Dia menyatakan, YPPUP telah mempersiapkan pergantian rektor sjeak tahun lalu, karena sesuai dengan statuta yang telah disahkan.

Di mana pada prinsipnya rektor dapat dipilih melalui dua cara, yaitu penunjukan oleh yayasan atau melalui proses pemilihan Rektor.
Sejak November 2023, YPPUP telah memutuskan untuk menggelar pemilihan rektor sejak Januari 2024.

Pemilihan dilakukan secara terbuka, agar mendapatkan rektor yang kredibel, memahami perkembangan dan persaingan di dunia pendidikan, dan mampu membawa UP bersaing di dunia internasional dan digital.

"Pada setiap pertumbuhan suatu institusi pasti ada masa-masa mudah maupun sulit, tapi pada setiap keadaan sulit percayalah seringkali hal tersebut menjadi proses untuk menjadi lebih baik," ujar Siswono.

Baca juga: Yayasan Nonaktifkan Rektor UP Akibat Kasus Pelecehan Seksual

Oleh karena itu, dia meminta semua pimpinan untuk kembali menjalankan proses belajar mengajar dengan tertib, memberi penjelasan yang dibutuhkan kepada para dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa.

Siswono juga mengimbau kepada seluruh sivitas akademika untuk mendukung kelancaran proses hukum yang berjalan saat ini, menghormati kedua belah pihak, berpegang teguh pada asas praduga tak bersalah, serta menjamin hak pelapor yang melaporkan masalah pelecehan seksual yang dilakukan Rektor Nonaktif UP berinisial ETH.

Baca juga: Ada Kasus Pelecehan Seksual, Yayasan Universitas Pancasila Tunjuk Plt. Rektor

"Mari kita semua bersama-sama menjaga marwah serta nama baik Universitas Pancasila dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kode etik profesional," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com