Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IAIN Kerinci Kukuhkan 2 Dosen Jadi Guru Besar

Kompas.com - 27/02/2024, 19:23 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menambah dua dosen menjadi guru besar.

Pengukuhan dua guru besar itu lewat sidang senat terbuka Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani yang didampingi Direktur Diktis Ahmad Zainul Hamdi.

Mereka yang dikukuhkan adalah:

1. Asa'ari M.Ag dikukuhkan jadi Guru Besar dalam Bidang Keilmuan Ushul Fiqih.

2. Wisnarni dikukuhkan jadi Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Islam.

Baca juga: Pasangan Suami Istri Berusia 50 Tahun Dikukuhkan Jadi Guru Besar UGM

Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan tentang pentingnya tata kelola yang tepat, tenaga pendidik yang mempuni agar dapat membawa IAIN Kerinci menjadi pusat peradaban.

"Hari ini menjadi kebahagian kita semua. Saya yakin dengan penata kelolaan yang baik dan bertambahnya guru besar yang mempuni ini akan menjadikan IAIN Kerinci sebagai pusat peradaban dengan nilai keagamaan yang baik," kata dia dilansir dari laman Kemenag, Selasa (27/2/2024).

Dia menambahkan, penambahan guru besar bisa memberikan peningkatan kualitas pendidikan di IAIN Kerinci.

Rektor IAIN Kerinci, Prof. Asa'ari menyampaikan, dengan adanya penambahan gelar guru besar ini diharapakan dapat memotivasi dan menginspirasi calon-calon guru besar lainnya.

Baca juga: Kisah Sarjiya, Anak Penjual Gula Jawa Gapai Gelar Guru Besar

Asa'ari juga menyatakan, saat ini IAIN Kerinci sudah memiliki sekitar 36 kandidat profesor dan siap mengakselerasi peningkatan jumlah guru besar ini.

"Guru besar sangat diperlukan untuk pengembangan Institut menuju peningkatan selanjutnya, dan juga untuk memberi motivasi dan semangat kepada doktor-doktor muda agar dapat bergerak cepat meningkatkan kualifikasi diri menjadi guru besar," jelas dia.

Prof. Wisnarni menambahkan, perjalanan dalam menggapai gelar guru besar ini tidaklah mudah, banyak waktu dan tenaga yang harus dikorbankan.

Baca juga: Kukuhkan 6, Unnes Telah Miliki 128 Guru Besar

"Dengan rasa bangga dan ribuan rasa terima kasih dia sampaikan kepada semua pihak atas support sistem baik dari pihak keluarga maupun institusi," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com