Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Buka Kelas Internasional, Ada 12 Prodi yang Bisa Dipilih

Kompas.com - 26/02/2024, 18:39 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - IPB University kembali memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa dari dalam negeri atau warga negara Indonesia (WNI) maupun luar negeri atau warga negara asing (WNA) untuk ikut serta dalam program studi Kelas Internasional yang tersedia.

Ada 12 program studi yang ditawarkan dalam Kelas Internasional yaitu:

  1. Smart Agriculture
  2. Kedokteran Hewan
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Industri Pertanian
  5. Bisnis
  6. Ilmu dan Teknologi Kelautan
  7. Manajemen
  8. Agribisnis
  9. Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
  10. Ekonomi Syariah
  11. Biologi
  12. Kimia.

Baca juga: 5 Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB dan Biaya Kuliahnya

Diansir dari laman IPB, Senin (26/2/2024), memberitahukan pada Kelas Internasional ini, seluruh pengajaran akan disampaikan dalam bahasa Inggris.

a. Peserta WNA

  • Terkait persyaratan, tanggal pendaftaran, dan informasi untuk peserta seleksi dari warga negara asing (WNA), maka dapat diakses di laman https://admisi.ipb.ac.id/en/international-class-for-foreign-applicant/.

b. Peserta WNI

Untuk peserta seleksi WNI, ada 2 jalur yang bisa diikuti, yaitu:

  • Jalur Seleksi Nilai Rapor: peserta seleksi merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2024 baik di dalam negeri maupun luar negeri.
  • Bagi WNI lulusan luar negeri harus mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan nilai rapor yang sudah disetarakan.

Peserta seleksi juga diwajibkan memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dari lembaga resmi Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan skor Internet Based Test (iBT) yakni 72-86, skor TOEFL Institutional Testing Program (ITP) yakni 477-510, atau International English Language Testing System (IELTS) yakni 4.0-5.0.

Selain itu, kesehatan jasmani dan rohani juga menjadi syarat mutlak untuk peserta seleksi yang tertarik mengikuti jalur ini.

Pendaftaran jalur ini berlangsung pada 22 Februari hingga 6 Mei 2024. Pengumuman hasil seleksi (penerimaan) akan dilakukan pada tanggal 27 Mei 2024.

Baca juga: 8 Jurusan Teknik di UGM Sepi Peminat pada SNBP 2024

Jalur SM-IPB Internasional

Pada jalur Seleksi Mandiri Masuk IPB (SM-IPB) Internasional ini, peserta seleksi merupakan lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2023, atau 2024.

Peserta akan mengikuti ujian online yang meliputi Tes Kemampuan Skolastik dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Selain itu, peserta juga diwajibkan mengunggah sertifikat TOEFL iBT dengan skor 72-86, TOEFL ITP dengan skor 477-510 dan IELTS dengan skor score 4.0-5.0.

Peserta seleksi bisa memilih satu atau dua program studi. Apabila peserta seleksi tidak diterima pada dua pilihan program studi, maka yang bersangkutan harus bersedia untuk dipilihkan oleh IPB University selama memenuhi persyaratan nilai.

Pendaftaran jalur ini dilakukan melalui laman pendaftaran resmi IPB University yang akan dibuka pada tanggal 6 Mei 2024 hingga 19 Juni 2024.

Ujian dilaksanakan pada 30 Juni 2024, dan pengumuman hasil seleksi (penerimaan) akan dilakukan pada 9 Juli 2024.

Pendaftaran pada kedua jalur tersebut dapat dilakukan dengan mengakses laman resmi IPB University, yakni https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.

Setelah diterima, calon mahasiswa harus melakukan registrasi online dengan jadwal yang telah ditentukan.

IPB University telah menegaskan komitmennya untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswanya, termasuk mereka yang berasal dari luar negeri.

Baca juga: Daftar Prodi Baru SNBP 2024 di ITB, UGM, IPB dan Undip

Dengan membuka Kelas Internasional dan menerapkan proses seleksi yang ketat, IPB University terus berupaya mencetak lulusan yang siap bersaing di tingkat global dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com