Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran KIP Kuliah 2024 SNBP Ditutup Besok, Siswa Segera Sinkronisasi

Kompas.com - 26/02/2024, 15:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah untuk jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 ditutup 27 Februari 2024.

Bagi siswa yang ingin mendapatkan bantuan ini, segeralah sinkronisasi data agar bisa mengikuti seleksi.

Tim Teknis KIP Kuliah Kemdikbud, Sony Hartono Wijaya mengatakan siswa untuk mendaftar seleksi KIP Kuliah sesuai periode pendaftaran setiap jalur seleksi. Paling lambat satu hari agar mempermudah perguruan tinggi dalam melakukan sinkronisasi data.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2024 bagi Gap Year, Tak Perlu Buat Akun Lagi

"Disarankan ikut seleksinya sama seperti ikut seleksi nasional. Jadi tolong diisi, dipilih, selambatnya h-1 jadwal seleksi nasional karena pada hari-hari lain itu sistem untuk SNBP itu akan dilakukan proses sinkronisasi," jelas Sony pada Sosialisasi Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024, beberapa waktu lalu.

Supaya data siswa tersinkronisasi, kamu harus mendaftar SNBP dan KIP Kuliah.

Bila kedua proses pendaftaran telah selesai, maka secara otomatis data KIP Kuliah dengan SNBP 2024 akan tersinkronisasi.

Untuk memastikan hal ini bisa dilihat di laman KIP Kuliah, pastikan di menu seleksi bagian SNBP tertera keterangan "Sudah Terdaftar". Selain itu ada menu tambahan dalam sistem yakni "Cetak Kartu Peserta" dan "Cetak Formulir".

Baca juga: Beasiswa S1 Google 2024 Sudah Dibuka, Ada Tunjangan Rp 117 Juta

Jika diterima, peserta harus melakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka 2024.

Cara daftar KIP Kuliah 2024

Berikut alur pendaftaran yang perlu kamu ketahui, sebelum mendaftar secara online:

  • Mendaftar secara mandiri di sistem online di kip.kuliah.kemdikbud.go.id
  • Memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif
  • Selanjutnya, sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN ke Dapodik Kemendikbud
  • Setelah validasi berhasil, sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email
  • Langkah selanjutnya yakni calon mahasiswa perlu melengkapi berkas pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jenis seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Mandiri)
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur yang dipilih pada seleksi masuk di perguruan tinggi

Calon penerima KIP Kuliah yang telah diterima di perguruan tinggi dapat melakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon penerima KIP Kuliah

Cara daftar SNBP 2024

  • Login terlebih dahulu di portal SNBP menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Lengkapi data diri orang tua pada halaman Profil.
  • Daftar SNBP dengan cara mengisi pilihan prodi melalui halaman Pilihan.
  • Selanjutnya, unggah portofolio jika prodi yang dipilih memberikan syarat. Tapi, apabila prodi yang dipilih tidak memberikan syarat, maka halaman ini tidak perlu diisi.
  • Isi prestasi pada halaman Prestasi. Perlu diketahui, untuk pengisian ini sifatnya tidak wajib.
  • Lakukan finalisasi pada halaman Finalisasi jika sudah memeriksa semua data dan yakin tidak ada yang salah. Isian data tidak bisa dibatalkan atau diubah.
  • Unduh dan cetak kartu peserta SNBP.

Siswa yang tidak memenuhi syarat akan memperoleh tampilan notifikasi "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNBP 2024. Silakan mengikuti SNBT 2024. Anda akan otomatis akan ter-logout dalam waktu 30 detik."

Setelah itu, jika belum melakukan simpan permanen, maka akan muncul tulisan, "Data Anda belum permanen, pastikan data Anda sudah permanen pada portal SNPMB. Anda otomatis akan logout dalam 30 detik." 

Demikian cara daftar KIP Kuliah dan SNBP 2024 agar bisa sinkronisasi data sebelum ditutup pada 27 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com