Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Bersiap Memilih Rektor Periode 2024-2029

Kompas.com - 26/02/2024, 11:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyelenggarakan pemilihan Rektor periode 2024 – 2029.

Para unsur universitas mengharapkan proses pemilihan Rektor Unpad berlangsung lancar dan mampu memilih putra-putri terbaik yang akan menjadi rektor dalam lima tahun ke depan.

Ketua Majelis Wali Amanat Unpad, Dr. Arief Yahya mengatakan, proses pemilihan Rektor Unpad mengacu pada prinsip pemilihan yang berasaskan good university governance, di antaranya transparan, kredibel, responsif, jujur, demokratis, hingga inklusif.

Baca juga: Cek 5 Prodi Unpad Kampus Pangandaran dan Keunggulannya

Arief mengungkapkan, memilih seorang rektor bukan hanya sebagai academic leader, tetapi juga mampu menjadi CEO atau business leader.

"Rektor yang kita pilih adalah gabungan dari academic leader dan business leader," ujar dia dilansir dari laman Unpad, Senin (26/2/2024).

Hal tersebut didasarkan bahwa sebagai PTN-BH, campur tangan pemerintah, khususnya dalam suntikan anggaran akan makin kecil.

Untuk mendongkrak peningkatan pendapatan PTN-BH di luar dana APBN, seorang rektor PTN-BH juga perlu bertindak sebagai corporate leader.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, MWA Unpad melalui panitia pengarah dan panitia pelaksana akan melakukan sejumlah penilaian untuk mengukur seseorang layak untuk dipilih sebagai Rektor Unpad.

Beberapa indikator di antaranya evaluasi dari Senat Akademik dan Dewan Profesor untuk mengukur porsi academic leader, hingga melakukan asesmen oleh pusat asesmen untuk menemukan kandidat dosen yang tidak hanya memiliki kemampuan sebagai pemimpin akademik, tetapi juga memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis.

"Kita harus cari dosen yang mengerti bisnis, sehingga dia bisa tahu bagaimana mencari uang (pendapatan)," jelas Arief.

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak 1957, Unpad terus mengalami perkembangan setiap waktu. Perkembangan ini kemudian memiliki tantangan yang besar pula.

Karena itu, kata kunci dari proses pemilihan Rektor Unpad periode 2024-2029 adalah menemukan talenta dosen yang punya kemampuan pemimpin akademik juga pandai mengelola bisnis.

Baca juga: UP Jaring Pemilihan Rektor Periode 2024-2028

Rektor pun mendorong P3R Unpad dapat mengawal proses pemilihan rektor secara kondusif dan berlangsung lancar hingga pelantikan rektor terpilih dilakukan.

"Tidak sedikit perguruan tinggi yang memiliki berita kurang positif. Mudah-mudahan selama perjalanan pilrek, di luar sana tetap menilai positif ke Unpad," jelas Rektor Unpad.

Wakil Ketua MWA Unpad, Prof. Arry Bainus menambahkan, secara struktur Panitia Pemilihan Rektor Unpad 2024-2029 terbagi ke dalam dua kelompok.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com