Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Pelajar Indonesia Kuliah di Inggris Raya Masih Terbuka Luas

Kompas.com - 21/02/2024, 18:41 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, Gianti Atmojo menyatakan, institusi pendidikan tinggi di Inggris Raya atau United Kingdom (UK) masih terbuka luas bagi pelajar Indonesia.

"Termasuk tawaran jalur beasiswa bergengsi (masih terbuka), guna meraih kesempatan masuk di kampus-kampus yang prestisius di UK," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Jadwal Penting Terkait KIP Kuliah 2024, Pendaftar Wajib Tahu

Salah satu lembaga beasiswa yang bermitra dengan universitas di Inggris Raya, yakni Chevening Scholarship. Beasiswa ini bisa dipilih mahasiswa untuk kuliah di Inggris Raya sejak 1983.

British Embassy Jakarta Scholarship dan Alumni Coordinator, Vonny Lisayani mengapresiasi atas upaya SI-UK Indonesia yang senantiasa memberikan konsultasi dengan pendekatan objektif serta informasi yang seimbang dalam membantu pelajar Indonesia untuk memperoleh kampus impiannya.

"SI-UK Indonesia dan Chevening memiliki dedikasi yang sama dalam mendukung terbuka luasnya peluang bagi pelajar Indonesia untuk dapat belajar di UK dan Irlandia," jelas dia.

Chevening sangat senang bisa menjadi bagian dalam gelaran acara Study in UK Expo 2024. Karena, acara itu telah banyak membantu pelajar Indonesia mendapatkan wawasan tentang universitas-universitas di UK dan program beasiswa bergengsi yang ditawarkan.

"Ini menjadi kesempatan luar biasa bagi kami bisa bertemu dengan pelajar Indonesia dan berkomunikasi kembali dengan perwakilan-perwakilan universitas di Inggris Raya," tambah Vonny.

Baca juga: Bantuan KIP Kuliah 2024 Ditentukan Akreditasi Prodi, Simak Besarannya

Tidak hanya Chevening Scholarship, program beasiswa LPDP juga bisa mengantarkan mahasiswa Indonesia untuk kuliah di Inggris Raya.

Saat ini, program beasiswa LPDP telah masuk gelombang pertama. Adapun tahap pengumuman hasil seleksi administrasinya akan diinformasikan pada 1 Maret 2024.

Melihat peluang besar bisa kuliah di UK, Gianti mendorong pelajar Indonesia bisa memperoleh beasiswa dari berbagai lembaga maupun pemerintahan, seperti LPDP dan Chevening.

Baca juga: Unsoed Buka 7 Prodi Baru, Sekian Biaya Kuliah dan Prospek Lulusannya

"Sebagai perpanjangan tangan langsung dari universitas terkemuka di Inggris Raya, kami membuka kesempatan konsultasi dan berdiskusi gratis kepada pelajar yang lolos tahap administrasi, baik di LPDP maupun Chevening Scholarship. Ini demi memberi dukungan dalam mempersiapkan langkah-langkah menuju pendidikan mereka di UK," tutup Gianti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com