Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Holding MIND ID Gelar Berbagai Program untuk Penguatan PAUD

Kompas.com - 21/02/2024, 15:12 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID memberi perhatian khusus terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dinilai sebagai "usia emas" dalam pembentukan SDM unggul.

Golden age, nol hingga enam tahun, adalah masa penting pertumbuhan, sehingga pendidikan di masa itu berpengaruh signifikan terhadap perkembangan selanjutnya," ungkap Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf (21/2/2024).

Dia menjelaskan, masing-masing anggota MIND ID, yakni PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Aneka Tambang Tbk (Antam), dan PT Freeport Indonesia (PTFI), telah melaksanakan berbagai program terkait PAUD.

Edukasi bahaya kebakaran

PT Timah Tbk melakukan edukasi bagi siswa PAUD Stania Madani Kids terkait penanganan kebakaran dan bahaya api. Anak-anak diberi bekal dengan menyaksikan simulasi tata cara penanganan kebakaran. Mereka juga diberi kesempatan untuk mempraktikannya secara langsung.

Kegiatan itu digelar oleh Tim Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan Hidup (K3LHK) Wilayah Operasi Kundur di Lapangan Upacara PT Timah Tbk Wilayah Kundur (7/2/2024).

Melalui program ini, PT Timah Tbk membantu guru dalam memberikan edukasi terkait bahaya api, terlebih saat cuaca panas yang berpotensi kebakaran. Kegiatan menyenangkan ini pun membuat para siswa antusias karena seolah sedang belajar sekaligus bermain.

Pembangunan gedung

PT Bukit Asam Tbk memberi perhatian khusus terhadap pendidikan anak melalui pembangunan gedung PAUD, Posyandu, dan Balai Pertemuan di Dusun 5, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Langkah ini sejalan dengan program kerja CSR PT Bukit Asam Tbk yang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kegiatan masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan.

Baca juga: Optimalkan Perkembangan Anak Usia Dini, Kemenag Buat Program PAUD HI

 

Pembangunan fasilitas yang sekaligus menjadi bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai pusat pendidikan, kesehatan, dan kegiatan masyarakat.

Pengentasan stunting

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com