Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Kebutuhan Masyarakat, UT Buka Prodi S1 Pendidikan Agama Islam dan Magister PAUD

Kompas.com - 16/01/2024, 19:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) secara resmi membuka dua program studi baru (prodi) yaitu Prodi Program S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAUD) pada 16 Januari 2024.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat di sela-sela seremoni peluncuran dua prodi terbaru UT tersebut di Wisma II UT, Tangerang Selatan, menyampaikan hal ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh akses pendidikan tinggi berkualitas dengan harga terjangkau.

"Ini kesempatan bagi seluruh perguruan tinggi, bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta, bagaimana memberikan kesempatan kepada masyarakat, tidak hanya jenjang sarjana, tetapi juga untuk S2 dan S3-nya," ungkap Prof. Ojat.

Hal ini disampaikan Prof. Ojat menjawab pertanyaan awak media terkait pemberitaan terkejutnya Presiden Joko Widodo melihat data masih rendahnya rasio penduduk berpendidikan S2 dan S3 terhadap populasi produktif.

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi dalam Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan Forum Rektor Indonesia di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Senin (15/1/2024).

"Saya kaget juga kemarin dapat angka (rasio) ini, saya kaget Indonesia itu di angka 0,45 persen, negara tetangga kita Vietnam, Malaysia sudah di angka 2,43 persen, negara maju 9,8 persen," ungkap Jokowi seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut Rektor UT hal ini menjadi tantangan PTN maupun PTS menghadirkan pendidikan tinggi berkualitas dengan harga terjangkau.

"Kita juga perlu mempertimbangkan daya beli masyarakat supaya dengan kapasitas kemampuan ekonomi yang mereka miliki, mereka bisa melanjutkan ke jenjang S2 dan S3," ujar Prof. Ojat.

Baca juga: Unsoed Buka 7 Prodi Baru di SNPMB 2024, Tertarik Daftar?

Peluncuran Prodi PAI dan MPAUD

Prof. Ojat Darojat menyampaikan, UT dengan status sebagai PTN Badan Hukum (PTN-BH) memiliki fleksibilitas untuk merespons kebutuhan masyarakat akan program studi PAI dan Magister PAUD.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com