Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Peluang Masuk PTN, Siswa Diminta Perhatikan Daya Tampung Prodi

Kompas.com - 13/02/2024, 16:56 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie mengatakan, pilihan program studi (prodi) yang dipilih siswa akan berpengaruh pada besar kecilnya kemungkinan diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

Ia mengingatkan siswa yang ingin ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk mempertimbangkan dengan baik program studi (Prodi) yang dipilih.

Oleh karena itu, ia meminta para siswa mencari tahu terlebih dahulu mengenai daya tampung prodi di universitas yang diinginkan.

Baca juga: Beasiswa S1 Mitsui Bussan Jepang 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku

"Sebelum menentukan pilihan silahkan berselancar di seluruh PTN yang ada daya tampungnya berapa. Jangan hanya asal pilih," kata Prof. Tjitjik dalam siaran di akun YouTube SNPMB BPPP, Senin (12/2/2024).

Prof. Tjitjik menuturkan, dengan menganalisis daya tampung prodi akan memperbesar kemungkinan untuk diterima di PTN.

Apabila daya tampung prodi yang dipilih ternyata sedikit, Prof. Tjitjik menyarankan yang mengambil beberapa pilihan seperti memilih prodi lain dengan daya tampung besar atau memilih prodi yang sama di universitas lain dengan daya tampung besar.

"Jangan berpikir untuk keinginan (dalam memilih prodi), tapi Anda harus melakukan analisis peta potensi untuk diterima di prodi yang ditawarkan tersebut," ujarnya.

Prof. Tjitjik menambahkan, di laman SNPMB BPPP sudah ada informasi daya tampung tiap prodi di 76 perguruan tinggi yang tergabung di SNBP.

Selain daya tampung, laman SNPMB juga menyediakan data persaingan antar siswa di prodi tertentu dalam jangka waktu lima tahun.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 9 Kampus Swasta, Ada yang Rp 899,5 Juta

"Data ini selalu ada kami siapkan untuk lima tahun terakhir. Sehingga sebelum memilih, menentukan pilihan, orangtua dan siswa mencermati dengan betul terkait possibility-nya untuk bisa diterima ini menjadi sangat penting," jelas Prof. Tjitjik.

Adapun pendaftaran SNBP akan dibuka mulai 14 Februari 2024 pukul 15.00 WIB. Setiap siswa yang ingin mendaftar SNBP wajib memiliki akun SNPMB 2024 yang harus dibuat paling lambat 15 Februari 2024 pukul 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com