Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-5 Ditutup, Ini Syarat Daftar Beasiswa LPDP Prasejahtera 2024

Kompas.com - 07/02/2024, 08:29 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Beasiswa LPDP 2024 dibagi menjadi beberapa program beasiswa lain yang bisa dipilih mahasiswa dan masyarakat umum.

Salah satunya adalah beasiswa LPDP Afirmasi 2024. Beasiswa LPDP Afirmasi ini masih dibagi lagi menjadi beberapa program beasiswa.

Seperti Beasiswa LPDP Daerah Afirmasi 2024, Beasiswa LPDP Prasejahtera 2024, Beasiswa LPDP Penyandang Disabilitas 2024 dan Beasiswa Putra Putri Papua 2024.

Bagi mahasiswa maupun masyarakat umum yang berencana mendaftar Beasiswa LPDP Prasejahtera 2024, masih ada waktu karena pendaftaran baru akan ditutup pada 12 Februari 2024 mendatang.

Baca juga: Intip Uang Saku LPDP 2024 di 65 Negara, Pendaftaran Masih Buka

Beasiswa LPDP Prasejahtera 2024

Dilansir dari laman resmi LPDP, Rabu (6/2/2024) beasiswa LPDP Prasejahtera 2024 adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister.

Beasiswa LPDP Prasejahtera 2024 adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister, yang terdaftar dan aktif sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH)/ penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/ Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Bagi mahasiswa kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan gratis dengan beasiswa LPDP 2024, berikut syarat khusus yang harus kamu penuhi untuk daftar beasiswa LPDP Prasejahtera 2024.

1. Pada saat mendaftar, pendaftar Beasiswa Prasejahtera dinyatakan terdaftar dan aktif sebagai penerima atau merupakan anggota dalam Kartu Keluarga (KK) dengan penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan/atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) pada sistem DTKS Kementerian Sosial yang telah terhubung dengan laman pendaftaran beasiswa LPDP, yang diverifikasi melalui nomor KTP/NIK dan Nomor KK (Kartu Keluarga) pada aplikasi pendaftaran.

2. Pendaftar tercantum pada kartu keluarga Kepala Keluarga penerima PKH, BPNT, dan/atau PBI.

3. Diutamakan pendaftar merupakan anggota keluarga pertama di keluarganya yang mendapatkan gelar Sarjana (S1) atau yang mengejar gelar Magister, dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan surat pernyataan bermaterai Rp 10.000 dari pendaftar.

Baca juga: 16 Dokumen Penting untuk Daftar Beasiswa LPDP Dokter Spesialis 2024

4. Pendaftar tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

5. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi 42 tahun.

6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,0 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisir.

7. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com), IELTS (www.ielts.org), Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com), atau Test of English Proficiency/TOEP (plti.co.id) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 400, TOEFL iBT® 33, PTE Academic 30, IELTS™ 4.5, Duolingo English Test 65, TOEP 36 atau ekuivalen 400;
  • Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, IELTS™ 6.0, Duolingo English Test 95, TOEP 66 atau ekuivalen 500;
  • Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

8. Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah).

Baca juga: Cerita Inja, Tolak Gaji Fantastis di AS demi Majukan Pendidikan NTT

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com