Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Putri Ariani, SMKN 2 Kasihan Telah Dikenal hingga Mancanegara

Kompas.com - 29/01/2024, 15:24 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kasihan, Bantul menggelar orkestra dengan tajuk Anniversary Concert Reminiscing Memories pada Jumat (26/1/2024).

Konser ini dalam memperingati 72 tahun berdirinya SMKN 2 Kasihan sekaligus menjadi ajang pembuktian pengembangan talenta bakat musik pelajar melalui pendidikan vokasi untuk pemajuan industri musik nasional.

Baca juga: Nadiem Tinjau Sekolah Idris Sardi hingga Putri Ariani Timba Ilmu Musik

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kiki Yuliati menyampaikan apresiasinya kepada SMKN 2 Kasihan.

Menurut dia, SMKN 2 Kasihan tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga hingga mancanegara sebagai salah satu rujukan musik klasik yang telah melahirkan talenta-talenta musik yang mendunia, salah satunya Putri Ariani.

Dalam menghadirkan siswa dan siswi yang mahir dalam bermain musik klasik, SMKN 2 Kasihan menerapkan pembelajaran berbasis individu (individualized learning) yang diintegrasikan dengan kurikulum khusus dari sekolah musik di London.

"Setiap angkatan memiliki keunikan dan masing-masing anak memiliki keistimewaan, dan SMKN 2 Kasihan mampu membuat mereka lebih istimewa serta membimbing mereka untuk menemukan jati dirinya," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (27/1/2024).

Kepala SMKN 2 Kasihan, Turino menyampaikan, di usia ke 72 tahun ini, SMKN 2 Kasihan berharap dapat menjadi bagian dari pemajuan industri musik nasional bahkan dunia.

"Kami berusaha untuk bertahan dengan idealisme musik klasik yang menjadi dasar gaya musik lainnya. Kami semua diajak untuk mengingat kembali hakikat musik sebagai bahasa yang universal dan menjadi salah satu dari penanda peradaban suatu bangsa," ucap Turino.

Baca juga: Ini 167 Kampus Tujuan IISMA 2024 buat Mahasiswa Vokasi dan S1

Turino menambahkan, sebagai hasil belajar dari para siswa, SMKN 2 Kasihan ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa dengan kecakapan bermusik yang dimiliki, SMK dapat diandalkan untuk melahirkan pemusik-pemusik harapan masa depan.

"Melalui konser ini, kami juga ingin menunjukkan bahwa bermusik bisa menjadi salah satu kecakapan hidup yang jika ditekuni bisa menjadi pilihan profesi atau karier di masa depan," ungkap Turino.

Siswa Kelas XI SMKN 2 Kasihan, Elvina menyampaikan bahwa dengan adanya konser ini para siswa dapat belajar dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah didapatkan di sekolah.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Sudah Seharusnya Tak Lagi Jadi Pilihan Kedua

"Kita bisa kolaborasi dengan profesional yang sebelumnya tidak kami rasakan di sekolah. Kami juga menjadi tertantang untuk benar-benar mendalami satu instrumen yang sudah kami pilih untuk nantinya kami bisa menjadi ahli di instrument tersebut," tutup Elvina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com