Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Aktif di UNS, Chatarina Girsang Wisuda 900 Mahasiswa

Kompas.com - 29/01/2024, 10:41 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Pelaksana Tugas (Plt.) Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Chatarina Muliana Girsang mewisuda sebanyak 900 lulusan UNS. Wisuda diselenggarakan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, pada Sabtu (27/1//2024).

Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Girsang menyampaikan atas nama pimpinan UNS mengucapkan selamat dan sukses kepada 900 wisudawan atas keberhasilan yang telah diraih.

Baca juga: Chatarina Girsang Jadi Plt. Rektor UNS, Ini Jejak Pendidikan dan Pengalamannya

"Setelah kami lepas kalian semua, segera menempuh hidup bermasyarakat, dengan memberikan kontribusi terbaik untuk kepentingan kemajuan bangsa dan negara Indonesia," kata Dr. Chatarina dilansir dari laman UNS, Senin (29/1/2024).

Dr. Chatarina mengatakan, proses wisuda dengan memindahkan tali kuncir topi toga dari kiri ke kanan telah selesai dilakukan.

Hal ini merupakan harapan, jika semasa kuliah lebih banyak menggunakan otak kiri atau hardskill, maka setelah kalian lulus diharapkan akan lebih banyak menggunakan otak kanannya yang berhubungan dengan imajinasi, inovasi, kreativitas hingga softskill lainnya.

Menurut Dr. Chatarina, kemampuan tersebut diyakini dapat mendorong munculnya ide-ide baru dan segar, yang akan mendukung kemampuan bersaing dan kesuksesan karier di masa depan.

"Nilai IPK yang tinggi, prestasi cumlaude yang kalian raih hanyalah sekadar pintu masuk untuk meraih pekerjaan yang lebih layak, tetapi nilai-nilai karakter yang kalian miliki yang ada pada diri kalian merupakan kunci kesuksesan karier dan hidup saudara," ucap Dr. Chatarina.

Sebagai alumni perguruan tinggi, tidak hanya dituntut sekadar meneruskan keberhasilan para pendahulu saja, melainkan harus mampu menciptakan ide-ide besar dan cara baru yang selalu relevan, adaptif dengan perubahan zaman.

Ingatlah bahwa perubahan adalah hal yang pasti, sedangkan untuk mau berubah adalah sebuah pilihan. Namun jika memilih untuk tidak mau berubah, maka akan tertinggal oleh perubahan itu.

Baca juga: Prof. Jamal Wiwoho Undur Diri dari Jabatan Rektor UNS

"Saya mengajak kepada para wisudawan untuk senantiasa melipat gandakan optimisme yang tinggi, karena kalian sebagai generasi muda adalah pagar depan perubahan dan menjadi sebab dari majunya sebuah peradaban," ungkap dia.

"Muda bukan hanya soal usia, tetapi soal semangat, gagasan dan cita-cita. Semoga para wisudawan UNS, akan berhasil lulus ujian di universitas kehidupan," tambah Chatarina Girsang.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus menyampaikan dalam wisuda periode I tahun 2024, UNS mewisuda 900 lulusan.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Tunjuk Chatarina Girsang Jadi Plt. Rektor UNS

Di antara para wisudawan tersebut terdapat 253 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Pada wisuda kali ini, terdapat 1 wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Timor Leste.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com