Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka Program Pendidikan Profesi Psikologi, Pendaftaran Masih Dibuka

Kompas.com - 24/01/2024, 15:57 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) telah membuka Program Pendidikan Profesi Psikologi pertama mulai dari 15-26 Januari 2024.

Dekan Fakuptas Psikologi UGM Rahmat Hidayat mengatakan, pembukaan program profesi ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi.

Baca juga: Seleksi CBT UGM 2024 Akan Diambil dari Nilai UTBK-SNBT

"Dalam Pendidikan Profesi Psikologi ini pun nanti akan dibagi ke dalam tiga jenjang Profesi Psikologi untuk profesi psikolog umum, profesi psikologi spesialis per masing-masing bidang spesialisasi, dan pendidikan profesi psikolog sub-spesialis," kata Rahmat dikutip dari laman resmi UGM, Selasa (23/1/2024).

Rahmat mengatakan, pada penerimaan pertama mahasiswa profesi Psikologi ini Fakultas Psikologi UGM hanya membuka kesempatan untuk para alumni melanjutkan ke jenjang profesi.

Namun, Rahmat tidak menutup kemungkinan pada semester kedepan Fakultas Psikologi UGM akan membuka kesempatan bagi alumni dari universitas lain bergabung ke program profesi.

"Insya Allah di semester-semester berikutnya dengan kemampuan kami yang bertambah, kapasitas kami yang bertambah, kami akan bisa membuka kesempatan yang lebih luas bagi alumni dari universitas yang lain," ujar dia.

Adapun program pendidikan Profesi Psikologi ini berbeda dengan program studi Magister Psikologi Profesi.

Pada Program Pendidikan Profesi tidak akan mendapatkan gelar master, melainkan gelar profesi dan lama studi yang ditempuh lebih singkat, yakni tiga semester.

Mahasiswa Program Pendidikan Profesi juga tidak akan membuat tesis, tetapi hanya kerja dan melakukan uji kompetensi dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Apabila lulus mahasiswa Program Pendidikan Psikologi akan mendapat sebutan sebagai Psikolog.

Kepala Prodi Pendidikan Psikologi Program Profesi Fakultas Psikologi UGM, Yuli Fajar Susetyo mengatakan, nantinya mahasiswa akan belajar secara luring dalam berbagai setting praktik.

Baca juga: UGM Kukuhkan Guru Besar Wanita Pertama di Bidang Geodesi Fisis

Di antaranya, setting kesehatan, setting pendidikan, setting industri, dan juga setting komunitas.

"Programnya bukan program part time atau program weekend, tapi ini memang full time karena memang sangat padat. Semester satu nanti teman-teman banyak sekali praktiknya, kemudian nanti di semester dua dan semester tiga sudah terjun ke lapangan," ucap Fajar.

Jika berminat mendaftar, bisa langsung mengunjungi laman resmi https://psikologi.ugm.ac.id/program-pendidikan-profesi-psikologi/.

Baca juga: Dosen UGM Soroti Masalah Sampah Visual Saat Masa Kampanye Pemilu 2024

Bagi calon mahasiswa baru yang memenuhi persyaratan akademik dan administrasi akan mengikuti tes substansi pada 2-3 Februari 2024 dan perkuliahan akan dimulai pada 26 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com