Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Jalur Mandiri Masuk UGM 2024, Ada Khusus Siswa Berprestasi

Kompas.com - 16/01/2024, 11:53 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk bisa masuk ke Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bisa diakses para siswa sekolah menengah atas tingkat akhir.

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Gandes Retno Rahayu mengatakan, para siswa bisa mencoba masuk UGM lewat jalur seleksi yang diadakan oleh pemerintah dan seleksi mandiri.

Baca juga: UGM Buka Kuota 9.362 Mahasiswa Baru pada Tahun Ajaran 2024/2025

Jalur seleksi dari pemerintah, antara lain Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Sementara jalur seleksi mandiri terbagi menjadi program reguler dan International Undergraduate Program (IUP).

Pada program reguler, jalur seleksi yang bisa diikuti adalah seleksi mandiri berdasarkan prestasi atau disebut Penelusuran Bibit Unggul (PBU), dan berbasis tes atau UM UGM Computer Based Test (CBT).

Prof. Gandes menjelaskan, untuk pada seleksi mandiri PBU ada tiga kategori siswa yang bisa diikuti. Pertama, siswa unggul karena kompetensinya bagus, tapi berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.

Kategori kedua, siswa yang memiliki prestasi unggul baik dari prestasi bersifat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ataupun minat dan bakat.

"Selain itu, kita juga tahu bahwa ada kandidat unggul yang berasal dari daerah yang perlu diafirmasi, seperti daerah 3T dan daerah di mana UGM memiliki mitra dalam menerapkan Tri Darma perguruan tinggi," kata Prof Gandes dilansir dari laman resmi UGM, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: Daya Tampung 93 Jurusan Milik UGM pada SNBP 2024

Selain jalur reguler, UGM juga membuka kelas internasional atau IUP dalam tiga gelombang dengan proses seleksi IUP cukup berbeda dengan reguler.

Kata Prof. Gandes, setiap fakultas yang tergabung dalam IUP memiliki materinya masing-masing dan calon mahasiswa tidak hanya akan diuji kemampuan bahasa Inggris, tetapi juga kognitif, potensi akademik, menulis essay, dan Leadership Group Discussion.

"Total terdapat 26 program studi dari 11 fakultas yang membuka kelas IUP ini," ujarnya.

Prof. Gandes juga mengatakan UGM akan membuka kuota 9.362 mahasiswa baru pada tahun 2024. Angka itu diperoleh 30 persen dari SNBP, 30 persen dari SNBT, dan 40 persen dari jalur ujian mandiri.

Baca juga: 20 Jurusan UGM dengan Daya Tampung Terbanyak pada SNBP 2024

Sehingga yang akan diterima dari jalur SNBP 2.821, SNBT juga sama, UM 3.720, dan IUP 1.010," ucap Prof. Gandes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com