Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Espay Luncurkan Layanan Tagihan Sekolah Berbasis WhatsApp

Kompas.com - 23/01/2024, 14:12 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Espay Payment Gateway, platform pembayaran daring, meluncurkan layanan tagihan sekolah berbasis aplikasi Whatsapp di sela-sela acara Jakarta Academic Management System 2024.

Peluncuran layanan ini dilaksanakan dalam Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta ke-19 yang juga didukung Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta), Kemendikbudristek pada 10-12 Januari 2024.

Direktur Komersial Espay Payment Gateway, Deddy Albert melalui rilis resmi (23/1/2024) menjelaskan, tagihan daring melalui applikasi Whatsapp ini diharapkan akan mempermudah sekolah maupun universitas menerima pembayaran.

Sistem berbasis bot atau pesan balas otomatis ini juga dapat mengeluarkan tagihan secara waktu nyata atau real time sehingga mempermudah siswa, mahasiswa, maupun orangtua mengetahui nilai pembayaran uang sekolah/kuliah.

Lebih jauh Deddy Albert menyampaikan, sistem ini dibuat berdasarkan permasalahan yang banyak dihadapi instansi pendidikan di Indonesia.

Beberapa kendala terkait urusan administrasi yang dihadapi instansi pendidikan Indonesia antara laih; tidak adanya sistem memantau penerimaan pembayaran, terbatasnya pilihan metode pembayaran, atau pengingat pembayaran kepada orangtua yang masih manual.

Hal itu, lanjut Deddy Albert, menyebabkan tersendatnya pemasukan bagi instansi pendidikan, belum lagi nomor akun virtual siswa atau mahasiswa yang berganti-ganti.

“Solusi yang kami hadirkan disini yaitu untuk mempermudah pihak sekolah dalam hal rekonsiliasi, juga mempermudah siswa-siswi untuk mengetahui nilai pembayaran," ujarnya.

Baca juga: 8 Metode Pembayaran Paling Populer di E-commerce

"Adanya Tagih.id, sekolah tidak perlu mengecek satu per satu lagi untuk memastikan siswa mana saja yang sudah bayar," jelas Deddy Albert.

"Dan bagi siswa-siswi maupun orangtua dapat melakukan pengecekan tagihan mereka secara mandiri melalui chat ke whatsapp bagian keuangan sekolah," tutup Deddy Albert.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com