Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kampus di Jepang Tujuan Beasiswa S2-S3 LPDP 2024

Kompas.com - 17/01/2024, 14:53 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Melalui program beasiswa LPDP 2024 (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) lulusan S1 bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2-S3 ke universitas luar negeri.

Dikutip dari laman resmi LPDP, ada banyak universitas di berbagai negara yang bekerja sama dengan program beasiswa LPDP salah satunya adalah Jepang.

Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang kerap menjadi destinasi warga negara Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri.

Pada program beasiswa LPDP 2024, ada beberapa kampus di Jepang yang bisa jadi pilihan melanjutkan pendidikan S2 dan S3.

Baca juga: Jokowi: Penerima Beasiswa LPDP Naik 7 Kali Lipat sejak Pertama Dibuka

6 kampus di Jepang bisa jadi tujuan beasiswa LPDP 2024

Berikut daftar kampus di Jepang yang bisa didaftarkan dalam program beasiswa LPDP 2024:

1. Hokkaido University

Hokkaido University adalah salah satu universitas terkemuka di Jepang dan memilik reputasi kuat di bidang pendidikan dan penelitian.

Berdasarkan QS World University Rankings 2023, Hokkaido University berhasil mendapatkan peringkat ke-141 di tingkat global.

2. Kyushu University

Kyushu University adalah salah satu perguruan tinggi nasional di Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1911 dan berorientasi pada riset. Kampus ini menduduki peringkat 135 berdasarkan QS World University Rankings 2023.

3. Nagoya University

Nagoya University berada di wilayah Tokai, salah satu kawasan industri terkemuka di Jepang. Universitas ini telah mengirim banyak orang ke dunia industri dan bertanggung jawab atas beberapa inovasi penting, termasuk penemuan dioda pemancar cahaya biru.

Nagoya University juga telah berkembang menjadi salah satu universitas riset komprehensif terkemuka di Jepang. Nagoya University memiliki sembilan fakultas dan 13 sekolah pascasarjana.

Baca juga: 49 Jurusan ITB yang Bisa Dipilih dalam Beasiswa LPDP 2024

4. Osaka University

Osaka University memiliki sekolah sarjana, sekolah pascasarjana, dan pusat penelitian yang unik. Saat ini, Osaka University memiliki empat kampus yakni di Suita, Toyonaka, Minoh, dan Nakanoshima.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com