Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsoed Buka 7 Prodi Baru di SNPMB 2024, Tertarik Daftar?

Kompas.com - 14/01/2024, 06:31 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menambah tujuh program studi (prodi) baru jenjang S1 dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024.

Tujuh program studi S1 baru di Unsoed ini bisa dimanfaatkan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di tahun ajaran 2024/2025.

Unsoed merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di Purwokerto, Jawa Tengah. Prodi baru S1 Unsoed yang bisa kamu pilih, antara lain:

1. Prodi Mikrobiologi
2. Biologi Terapan
3. Teknik Mesin
4. Teknik Komputer
5. Pendidikan Bahasa Jepang
6. Proteksi Tanaman
7. Statistik.

Baca juga: Unpad Buka S1 Kelas Internasional 2024, 5 Prodi Bisa Double Degree

Ada prodi baru jenjang S1, S2 dan S3 di Unsoed

Selain menambah prodi di jenjang S1, Unsoed juga menawarkan dua prodi baru lainnya untuk jenjang S2 dan S3. Untuk pascasarjana, terdapat tambahan S2 Fisika dan S3 Administrasi Publik.

Hal ini menyediakan banyak pilihan bagi calon mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di Unsoed.

Panita SNPMB menyediakan tiga jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri atau jalur mandiri.

Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan-non akademik. Kuota Unsoed pada jalur SNBP adalah 30 persen.

Sebagaimana tahun 2023, siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK SNBT 2024.

Baca juga: Cerita Dhea, Mahasiswa Penerima KIP Kuliah yang Lulus IPK 3,99

Selanjutnya, pada tahun 2024, siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

Sementara itu, jalur SNBT diikuti oleh peserta yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja. Kuota Unsoed pada jalur SNBT adalah 40 persen.

Peserta UTBK dikenai biaya pendaftaran Rp 200.000. Namun bagi peserta yang telah tercatat sebagai peserta dari jalur KIP Kuliah, bisa gratis biaya pendaftaran UTBK.

Terdapat ketentuan tambahan yang mulai diberlakukan pada tahun 2024 yaitu bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun.

Selain itu, juga terdapat perbedaan untuk ketentuan pemilihan program studi pada Jalur SNBT Tahun 2024. Peserta Jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal 4 program studi yang terdiri dari 2 pilihan program akademik (Sarjana) dan 2 pilihan program vokasi (Diploma 3 dan Diploma 4/Sarjana Terapan).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com