Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Jalur Mandiri ITB, Cek Uang Pangkal Tiap Fakultas

Kompas.com - 13/01/2024, 15:45 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) lewat jalur mandiri, perlu tahu soal biaya kuliahnya.

Biasanya biaya kuliah jalur mandiri, berbeda dengan biaya kuliah mahasiswa yang lolos jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) atau SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Dilansir dari laman resmi ITB, Sabtu (13/1/2024) jalur mandiri ITB atau Seleksi Mandiri ITB (SM ITB) merupakan jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya.

Mahasiswa yang diterima di ITB melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM ITB) bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB.

Baca juga: Biaya Kuliah UIN Jakarta Jalur Mandiri, UKT Termurah Rp 400.000

Biaya jalur mandiri ITB

ITB tidak memberikan subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM ITB).

Meski begitu, proses penerimaan SM ITB tetap menggunakan kriteria kemampuan akademik yang tinggi sebagai satu-satunya kriteria kelulusan seleksi.

Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM ITB) dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut:

  • Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD
  • Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, Nilai Rapor dan Hasil Tes Keterampilan Seni Rupa (daring), bagi pendaftar ke FSRD
  • Ujian Seleksi dan Tes Keterampilan Seni Rupa akan diselenggarakan ITB secara daring.

Jika kamu berencana ikut jalur mandiri ITB, dapat memilih seluruh Fakultas/Sekolah yang ada di ITB, kecuali Fakultas/Sekolah yang berlokasi di ITB Kampus Cirebon.

Baca juga: Biaya Kuliah UPN Veteran Jakarta untuk Jalur SNBP dan SNBT

Wajib bayar UKT dan IPI

Untuk mendaftar jalur ini, calon mahasiswa perlu membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu. Mengacu pada biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB tahun 2023, calon mahasiswa perlu membayar Rp 500.000 per pendaftar, termasuk biaya pelaksanaan Ujian Seleksi dan Tes Kemampuan Seni Rupa (bagi peminat FSRD).

Khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB yang merupakan pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB.

Biaya jalur mandiri ITB terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan per semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayarkan sekali pada saat daftar ulang.

Seluruh calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM ITB) dikenakan biaya pendidikan (Uang Kuliah Tunggal/UKT) per semester dengan nilai sesuai UKT5.

Pemberian beasiswa UKT ke nilai UKT4 diputuskan ITB berdasarkan kemampuan ITB dan hasil verifikasi atas permohonan calon mahasiswa yang dilakukan pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

Berikut biaya jalur mandiri ITB di 5 Fakultas mengacu pada biaya kuliah tahun ajaran 2023/2024:

1. FMIPA-IPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), SITH-R (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Rekayasa)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com